4 Tips Meningkatkan Percaya Diri Anak di Momen Kartini

Halo, Smart Ladies!

Tanggal 21 April lalu diperingati sebagai hari Kartini. Biasanya, banyak kegiatan digelar untuk memperingati kelahiran Kartini, baik di sekolah, kantor, maupun lingkungan rumah. Dalam kegiatan tersebut, anak-anak paling sering dilibatkan.  Beragam atraksi menarik ala Kartini bisa diikuti anak dalam tiap perlombaan dan pertandingan, seperti perlombaan mewarnai, mendongeng, hingga peragaan busana Kartini.  Saat merayakan hari Kartini, anak-anak sering merasa tidak percaya diri sehingga mereka malu dan dan tidak berani tampil.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, berikut empat tips meningkatkan kepercayaan diri anak.

1. Menjaga Stamina Anak

Menjaga stamina si kecil tentu menjadi hal utama yang mesti diperhatikan selama mengikuti perayaan hari Kartini. Salah satu cara agar anak tetap fit dan bugar adalah membekali anak dengan makanan yang disenangi.

2. Memberikan Harapan Positif dan Hal Menyenangkan

Seringkali kita mendapati anak cemas, panik, dan takut pada detik-detik menjelang tampil dalam perlombaan maupun pertandingan. Untuk mengusir hal tersebut, sebaiknya Ladies memberikan harapan-harapan positif yang menyenangkan, seperti suasana perayaan yang ramai, banyak permainan, atau hadiah-hadiah yang menarik. Ladies sebaiknya juga tidak membebani pikiran anak dengan target-target untuk memenangkan perlombaan.

3. Memberikan Semangat untuk Berkumpul Bersama Teman 

Bisa bertemu dan bermain dengan teman-teman biasanya menjadi salah satu penyemangat bagi si kecil untuk hadir, dan mengikuti perlombaan. Nah, yakinkan anak bahwa mereka akan menikmati acara perayaan bersama teman-teman seusianya. Dengan keyakinan ini, anak bersedia mengikuti perlombaan maupun pertandingan di acara perayaan Kartini dengan ceria.

4. Memberikan Semangat untuk Berjuang dan Berprestasi

Dengan memiliki semangat untuk berjuang dan berprestasi, biasanya anak akan merasa lebih percaya diri saat mengikuti perayaan hari Kartini. Namun, patut diingat, apa pun hasil perlombaan, jangan sampai semangat anak untuk berjuang meraih prestasi menjadi kendur. Dengan demikian, anak tidak putus asa dalam mengukir prestasi. 

Semoga keempat tips di atas bisa membantu anak memperoleh kepercayaan diri dalam mengikuti perlombaan untuk memperingati hari Kartini maupun perayaan lainnya.

 

mbok jun wati

Ibu dari 4 Ladies, Menyukai dunia menulis sejak SMU, saat ini terus belajar menerbitkan beberapa tulisan fiksi dan non fiksi (fb: juniawatisalamat, mbokwati18blogspot)
mbok jun wati

Related posts

Leave a Comment