Matematika Itu Mudah dan Menyenangkan

Halo, Smart Ladies!

Sebagian orang beranggapan bahwa matematika merupakan monster yang menyeramkan. Tak heran sebagian anak merasa panas dingin, meriang, dan deg-degan, ketika nama pelajaran ini disebut.

Padahal, sejatinya matematika itu justru pelajaran paling menyenangkan dan realistis dibandingkan dengan pelajaran lainnya. Jika dalam pelajaran sejarah, sampai kita dewasa mungkin belum ada yang melihat teks asli proklamasi dan bendera pusaka. Hanya bisa dengan melihat dari buku sejarah saja untuk matematika semua bisa terukur dan jelas hitungannya. Saat lupa rumusnya pelajaran matematika bisa dinalar juga oleh akal pikiran . Tak perlu menghafal berbagai rumus bisa dihitung dengan nalar kita.

Berikut beberapa tips cantik dan mudah untuk belajar matematika.

1. Ajak Anak Menghitung Kendaraan 

Bagi balita, cara ini bermanfaat juga untuk mengenalkan macam-macam kendaraan yang ada di bumi ini. Truk, bus, motor, dokar dan lain-lain. Kegiatan ini akan sangat menyenangkan untuk anak.

2. Mencuci Baju Bersama Anak

Ajaklah anak untuk menghitung dan memilah baju sesuai kepemilikan dari anggota keluarga. Dengan cara ini anak juga memahami tentang konsep kepemilikan.

3. Mengajak Anak Berbelanja

Mengajak anak menghitung uang yang harus dibayar dan kembaliannya. Konsep penjumlahan dan pengurangan semakin dipahami anak.

4. Mengajak Anak Berolahraga

Berolahraga keliling lapangan selain menyehatkan juga bisa mengajarkan anak konsep waktu, jarak, dan kecepatan. Ajaklah anak menghitung waktu yang ditempuh selama berlari, jarak yang ditempuh hingga kecepatan dari lari anak. Bahkan, bisa jadi kita menemukan bakat bahwa anak kita ternyata kecepatan larinya luar biasa dan bisa kita arahkan untuk menjadi atlet .


5. Mengenalkan Berbagai Bentuk Benda

Mengenalkan pada anak benda-benda sekitar rumah kita. Benda berbentuk bulat, persegi, dan lainnya, bisa dilihat dari lemari, bola mainan, botol minuman dan lain-lain. Saat mengenalkan bentuk benda, kita juga bisa mengajarkan warna benda

Nah, sekarang tak ada lagi kata takut dan seram dengan matematika. Kita bisa mengaplikasikannya dalam keseharian saat berkumpul dengan keluarga. Tak ada kata sulit selama mau mencoba.

So, tunggu apalagi Smart Ladies, lakukan dari sekarang tanpa nanti. Jadi tersenyum dan berbahagialah dengan matematika. Tak sesulit yang kita bayangkan dan justru menyenangkan dan menggembirakan.

Yutaka Latifah

Provokator Kebaikan, inisiator Sedekah Nasi Rombongan Purbalingga, Penulis, Relawan, dan Abdi negara
Yutaka Latifah

Related posts

Leave a Comment