Tanda-tanda Kulit Wajah Sudah Over Eksfoliasi, Sakitnya Minta Ampun!

Hai, Smart Ladies!

Wajah bercahaya dan bersih karena eksfoliasi memang sangat menyenangkan. Siapa yang tidak mau punya glowing skin ala Korea? Namun, hati-hati, terlalu banyak eksfoliasi justru bisa merusak wajah.

Berikut tanda terlalu banyak mengeksfoliasi wajah dan cara mengatasinya.

1. Terkena Apapun Kulit Terasa Sakit

Fimela.com

Ladies, over eksfoliasi itu sakit sekali! Jika serangkaian skincare yang biasa kita gunakan terasa sakit di kulit, itu termasuk salah satu tanda bahwa sudah over eksfoliasi. Dengan hilangnya lapisan pelindung luar, kulit kita akan menjadi lebih sensitif terhadap kandungan bahan-bahan skincare.

2. Kulit Terasa Aneh dan Berbeda dari Biasanya

Tribunnews.com

Kulit akan terasa sangat kering dan ketika disentuh teksturnya aneh. Kebanyakan orang salah mengira kondisi kulit seperti ini, mereka akan mengeksfoliasi kulit lagi guna mengembalikan wajah yang mulus. Bukannya tambah baik, kondisi kulit malah justru makin terasa seperti bersisik.

3. Kulit Akan Menjadi Sangat Berminyak

Wowasyiknya.com

Kalau sudah seperti ini, kebanyakan orang akan menggunakan masker penyerap minyak atau terus-menerus menggunakan blotting papers. Padahal, minyak yang diproduksi kulit itu bertujuan untuk untuk membentuk lapisan kulit baru guna melindungi wajah.

4. Warna Kulit Akan Menjadi Kemerahan

Kulit terasa terbakar, gatal, dan berwarna kemerahan merupakan tanda paling jelas jika kulit kita sudah over eksfoliasi. Wajah kemerahan merupakan reaksi reaksi tubuh yang mengirim sel darah guna memperbaiki daerah iritasi. Belum lagi jika terkena paparan sinar matahari, biasanya kulit akan terasa gatal tidak tertahankan.

5. Kulit Wajah Akan Mengalami Breakout

THREAD by ZOLORA

Ketika kulit pelindung hilang, otomatis bakteri akan mudah masuk ke lapisan kulit. Kulit akan mengalami breakout, yaitu munculnya jerawat kecil di area wajah. Kalau sudah seperti ini, jangan panik. Jangan tambah di eksfoliasi coba perhatikan dulu.

Jika dalam waktu 1 minggu sudah kita bersihkan dan obati tetapi tidak membaik, itu artinya kulit wajah sudah over eksfoliasi.
Hal ini malah menimbulkan radang jika terus dibersihkan.

6. Jika Terlanjur Eksfoliasi

Tribunnew.com

Apa yang harus kita lakukan ketika kulit wajah sudah terlanjur over eksfoliasi?
Jika sudah terlanjur over eksfoliasi, pertama-tama kita harus menghentikan rutinitas penggunaan skincare. Kulit perlu waktu untuk bernapas dan mengembalikan pelindungnya.

Saat menggosok bagian muka, kurangi kekuatan. Gerakan handuk yang kasar menjadikan kukit semakin rusak.

Jika ingin kulit lebih cepat sembuh, gunakan skincare yang ringan seperti gel aloe vera. Kandungan yang dimiliki bisa mendinginkan dan membantu mengembalikan kelembapan asli kulit. Caranya, oleskan gel aloe vera di muka sampai leher, lakukan selama seminggu.

Jangan sampai dua kali dalam hidup merasakan sakitnya over eksfoliasi karena
menimbulkan rasa tidak nyaman pada kulit dan menjadikan kita tidak percaya diri. Ingat, cukup seminggu dua kali mengeksfoliasi wajah. Perhatikan juga penggunaan exfoliate toner. Sesekali gantilah dengan hydrating toner guna menjaga kelembapan kulit wajah. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment