Kenali 5 Gejala Demam Berdarah Ini agar Bisa Diwaspadai

Hai, Smart Ladies!

Musim penghujan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi penduduk yang hidup di wilayah tropis seperti di Indonesia. Banyaknya genangan air membuat nyamuk mudah berkembang biak.  Nyamuk Aedes aegephty, pembawa virus penyebab demam berdarah salah satunya. Sampai sekarang, penyakit ini masih menjadi momok bagi masyarakat. Virus yang dibawa oleh nyamuk dapat menjadi kematian jika tidak ditangani dengan tepat dan cepat.

Demam berdarah dengue disingkat menjadi DBD, mempunyai gejala umum yang mirip dengan penyakit lain yang disebabkan oleh virus. Kepastian penyakit ini baru dapat diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan darah setelah beberapa hari virus menginfeksi. Banyak pasien demam berdarah dibawa ke rumah sakit sudah dalam kondisi kritis.

Oleh karena itu, mengetahui gejala atau ciri demam berdarah perlu Ladies ketahui agar dapat diwaspadai.  Ciri-ciri tersebut antara lain:

1. Demam Tinggi Tidak Turun

Gejala awal demam berdarah adalah demam tinggi di atas 38 derajat celsius dan tidak turun, meski sudah meminum obat penurun panas. Gejala ini has karena demam pada penyakit lain umumnya akan turun setelah meminum obat, meski terkadang suhu badan naik kembali.

2. Sakit Kepala dan Nyeri Sendi

Sakit kepala dan nyeri sendi merupakan gejala yang tidak terlalu spesifik, tetapi biasanya dialami penderita demam berdarah.

3. Sakit di Belakang Mata

Nyeri di belakang mata hanya dialami penderita demam berdarah.  Ini dirasakan penderita ketika demam masih tinggi.

4. Gejala Pelana Kuda

Gejala pelana kuda adalah gejala demam yang menurun setelah tiga sampai lima hari, kemudian suhu badan meningkat kembali. Banyak orang mengira ketika demam turun, penyakit telah hilang.  Padahal pada demam berdarah, fase ini memasuki masa kritis karena trombosit dalam darah terus menurun.

Jika penderita masih lemah dan mengalami dehidrasi, hal tersebut menandakan bahwa masih ada penyakit di dalam tubuhnya. 

5. Keluar Bintik Merah

Selain kondisi tubuh yang masih lemas saat demam turun, Ladies dapat memeriksa permukaan kulit seluruh tubuh.  Bintik merah akan keluar saat suhu badan menurun. Bintik merah di permukaan tubuh menandakan mulai terjadi pecahnya pembuluh darah di permukaan kulit. 

6. Kehilangan Cairan Tubuh

Setelah beberapa hari suhu badan menurun, demam akan meningkat kembali jika penderita tidak ditangani dengan baik. Panas yang tinggi menyebabkan banyak cairan tubuh hilang. Saat ini, pendarahan dapat terjadi di berbagai organ tubuh. 

Itulah 6 ciri demam berdarah yang harus diwaspadai. Jika Ladies menjumpai gejala seperti di atas, segeralah konsultasi ke dokter untuk mendapatkan kepastian dan pengobatan. 

 

Sumber gambar utama : liputan6.com

 

 

Related posts

Leave a Comment