Atasi Luka Batin dengan 4 Langkah di Bawah Ini!

Halo, Smart Ladies!

Terkadang, ada saja masalah yang mendera dalam hidup dan hal itu bisa menimbulkan luka batin tersendiri. Sejatinya, hidup yang kita jalani memiliki jalan cerita masing-masing.

Segala rentetan peristiwa yang terjadi bukan tanpa sebab. Semua hadir untuk membantu kita menjadi pribadi yang jauh lebih indah dari sebelumnya. Ladies hanya perlu untuk tetap bersikap tenang dalam menjalani segala takdir yang telah ditetapkan oleh-Nya.

Tak jarang, pikiran kita cenderung mengembara ke masa lalu atau justru disibukkan dengan masa depan yang bahkan belum terjadi. Kita seolah “dibebani” pikiran yang menggerus otak sehingga lupa menyadari dan menikmati hari ini.

Inilah yang memunculkan luka batin karena kita terlalu dipusingkan dengan hal yang telah dan belum terjadi.

Banyak dari kita menyesali hal yang telah lewat, misalnya menyesalkan segala keputusan yang pernah dibuat. Padahal, semua yang terjadi tak akan pernah bisa diulang.

Jika saat ini Ladies mengalami hal tersebut, berikut 4 hal yang bisa dilakukan untuk mengobati luka batin:

1. Berbicara dengan Diri Sendiri

Melakukan dialog dengan diri sendiri sangat membantu mengatasi luka di hati. Ladies bisa berbicara dan mengatakan secara jujur hal-hal yang diinginkan atau dapat pula menceritakan kegundahan yang dirasakan.

Berbicara dengan diri sendiri jauh lebih baik ketimbang melampiaskan kekesalan kepada orang sekitar.

2. Berdamai dengan Keadaan

Percayalah, setiap peristiwa selalu memiliki hikmah yang bisa dirasakan dalam waktu dekat atau justru kelak, di masa depan. Hal ini juga berlaku untuk peristiwa buruk yang Ladies alami.

Semakin mudah Ladies menerima keadaan, hati akan menjadi lebih lapang. Beban seolah-olah terangkat, sehingga hidup akan terasa ringan untuk dijalani.

3. Tempatkan Masa Lalu Sesuai Porsi

Setiap kali kita membuat keputusan, tentu saja akan berimbas ke masa depan. Tak jarang, sesekali kita mengambil keputusan yang salah. Namun, jangan terlalu lama hidup di masa lalu.

Keputusan yang salah, hendaknya dijadikan pelajaran agar lebih berhati-hati di kemudian hari. Ladies bisa memperbaiki beberapa hal. Namun, jika itu tidak bisa dilakukan, terimalah dengan penuh kepasrahan.

4. Tetaplah dalam Iman

Percaya akan kebesaran Tuhan dapat memberikan kekuatan dalam menjalankan hidup.

Meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah takdir Tuhan, dapat memunculkan perasaan ikhlas. Kesadaran bahwasanya, kita bukan siapa-siapa di hadapan-Nya.

Mengobati luka batin memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, bukan berarti hal tersebut tidak bisa kita lakukan.

Tetap semangat dan pantang berputus asa karena sesungguhnya pertolongan Tuhan amat dekat.

Sampai jumpa lagi di lain waktu!

Related posts

Leave a Comment