Manfaat Menulis Buku Harian Menurut Medis, Jangan Malu Dibilang Kuno!

Halo, Smart Ladies.

Diary atau buku harian begitu dekat dengan kehidupan kita semasa remaja dulu. Saat usia makin bertambah, sepertinya kebiasaan ini mulai pudar. Banyak orang beranggapan bahwa menulis apa saja dalam keseharian hanya membuang-buang waktu, apalagi bagi kaum milenial yang seakan tidak pernah lelah bekerja.

Menulis buku harian termasuk tradisi kuno yang berasal dari Jepang sekitar abad 10 Masehi dan termasuk faktor penting bagi kesuksesan banyak orang. Jika Ladies belum menyadarinya, berikut kita kupas manfaat menulis buku harian menurut medis.

1. Bisa Mengurangi Stres

Menulis buku harian, sangat membantu mengurangi pengaruh negatif dari masalah yang kita alami. Menuliskan perasaan, terutama marah, akan membuat kondisi emosi menjadi lebih tenang.

2. Dapat Mengontrol Emosi

Salah satu studi dari Advances in Psychiatric Treatment, menyatakan bahwa dengan menulis buku harian bisa membantu kita mengatur emosional diri. Hasil studi Park & Blumberg pada tahun 2002 menyatakan, menulis buku harian secara rutin selama beberapa waktu bisa meningkatkan kemampuan mengatur emosi dengan baik. Ini adalah salah satu alasan mengapa terapi, konselor, dan pekerja sosial sering sekali menyarankan kepada pasiennya untuk menulis buku harian.

3. Melatih Disiplin dalam Diri

Menulis buku harian secara tekun dan rutin akan membantu kita menjadi disiplin. Hal ini akan membantu Ladies lebih disiplin. Disiplin adalah modal utama kesuksesan di masa depan.

4. Merapikan Otak dan Memecahkan Masalah

Buku harian juga membantu merekam segala sesuatu yang tidak mungkin terekam dalam memori otak. Rutin menulis bisa memudahkan kita untuk mengkoreksi kembali hal-hal yang tidak benar dalam hidup. Kemudian, kita fokus perbaiki tanpa kesulitan saat mengingat.

5. Bisa Meningkatkan Kesehatan Fisik

James Pennerbaker, seorang peneliti asal Universitas Texas, menyatakan bahwa rutin menulis buku harian bisa memperkuat sistem imun tubuh. Penelitian lain juga mengindikasikan bahwa menulis bisa menurunkan gejala penyakit radang sendi dan gejala asma.

6. Bisa Meningkatkan Kualitas Hidup

Sudah banyak sekali studi yang membuktikan bahwa menulis buku harian bisa meningkatkan kualitas hidup, di antaranya adalah mendapatkan kembali pekerjaan setelah kehilangan sebelumnya (Spere et al, 1994), miliki poin nilai di atas rata-rata (Cameron & Nicholls, 1998), juga sangat baik dalam hal mengingat sesuatu (Klien & Boals, 2001).

7. Mendongkrak Perasaan Diri dan Menyembuhkan Luka

Pada dasarnya tidak semua orang mau menceritakan kesedihan yang dialami kepada orang lain karena biasanya mereka semakin merasa gelisah dan takut. Solusi tepat untuk orang tipe seperti ini sebaiknya menuangkan semua kesedihannya pada buku harian. Rutinitas ini bisa mendongkrak perasaannya dan menyembuhkan luka secara perlahan.

8. Hidup Lebih Produktif

Membaca ulang isi buku harian secara rutin otomatis akan membantu menyimpulkan apa saja yang pernah kita alami. Cara seperti ini akan membuat kita berusaha menjadi lebih baik dan produktif dari sebelumnya.

Nah, Ladies itulah beberapa manfaat yang akan kita dapatkan saat rutin menulis buku harian. Bagi Ladies yang sudah lama berhenti, yuk, mulai rutin lagi. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment