Manfaat Book World Day bagi Keluarga, Nomor 3 Bikin si Kecil Ketagihan!

Halo, Smart Ladies!

Sebagaimana diketahui, tanggal 23 April adalah hari buku sedunia atau Book World Day. Peringatan Hari Buku Sedunia dicanangkan oleh UNESCO, sebuah organisasi dunia yang menangani masalah pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan di bawah naungan PBB. Menurut Wikipedia.com, peringatan Book World Day ini berasal dari Spanyol, yang merayakannya pada tahun 1923.

Menariknya, pada Hari Buku Sedunia senantiasa dipadati oleh pengunjung yang membawa keluarga. Pasalnya, pada momen ini sebagian negara menggelar aktivitas literasi, mulai dari pameran buku, perlombaan bercerita atau story telling, membaca, mengarang, dan lainnya.

Selain itu, banyak dihadirkan buku terbitan terbaru dari berbagai penerbit yang dijual dengan harga yang terjangkau.

Tahukah Ladies, ternyata ada empat manfaat dari peringatan Hari Buku Sedunia bagi keluarga?

1. Mengenalkan Dunia Buku

Mengenalkan dunia buku pada anak sejak dini adalah cara terbaik untuk membiasakan mereka mencintai baca tulis. Hal ini dikarenakan pada usia dini, anak lebih mudah menyerap segala sesuatu sehingga akan memengaruhi perkembangan kepribadian dan mentalnya kelak.

2. Menanamkan Kesan Positif

Mengajak anak mencintai buku bacaan dapat dilakukan secara perlahan dan tidak memaksa. Namun, sebaiknya terlebih dahulu tanamkan hal-hal positif tentang buku bacaan yang menarik dan memberikan manfaat bagi kehidupannya.  Hal ini dilalukan untuk memberikan kesan positif  pada anak agar tertarik untuk membaca buku.

3. Ajang Belajar Sambil Bermain

Momen Hari Buku Sedunia dapat menjadi ajang orang tua mengajak anak belajar sambil bermain. Caranya, libatkan anak bermain game edukasi yang tersedia di pameran atau bazar buku. Hasilnya, anak akan senang dan ketagihan.

4. Sarana Rekreasi Sehat dan Bermanfaat

Momen Hari Buku Sedunia dapat menjadi sarana rekreasi bagi anak dan orang tua. Mengapa? Hal ini memungkinkan karena mereka dapat membawa anak-anaknya ke tempat yang kaya akan ilmu pengetahuan, seperti museum, perpustakaan lokal maupun taman bermain yang dilengkapi bacaan ringan. Selain murah,  rekreasi ini akan membuat anak menikmati suasana yang tidak diperolehnya di tempat lain.

Semoga dengan menerapkan keempat hal di atas, kecintaan anak dan keluarga pada buku akan bertambah yang nantinya dapat berguna bagi kehidupan di masa depan.

mbok jun wati

Ibu dari 4 Ladies, Menyukai dunia menulis sejak SMU, saat ini terus belajar menerbitkan beberapa tulisan fiksi dan non fiksi (fb: juniawatisalamat, mbokwati18blogspot)
mbok jun wati

Related posts

Leave a Comment