6 Hal yang Harus Diperhatikan pada saat Anak Bermain Hujan

Hai, Smart Ladies!


Musim hujan telah tiba. Apakah Ladies memperbolehkan anak bermain hujan? Sebaiknya, jangan dianggap negatif dahulu karena ada pelajaran yang dapat diambil dari bermain hujan. Pelajaran tersebut adalah anak mampu mengembangkan kecerdasan naturalnya. Merasakan dan menyaksikan fenomena alam adalah pengalaman yang luar biasa bagi anak. Ladies dapat menjelaskan pada anak tentang manfaat, bahaya, dan terjadinya hujan.


Pada saat anak sedang hujan-hujanan dengan temannya, entah bermain bola atau berlari-larian, sebenarnya mereka sedang mengembangkan kemampuan motorik kasar dan halus. Namun, sebagai orang tua Ladies harus mengetahui beberapa hal sebelum memperbolehkan anak bermain hujan, yaitu:

1. Cermati Kondisi Kesehatan Anak

Anak usia tiga sampai lima tahun sangat rentan terhadap berbagai kuman penyakit. Tidak menutup kemungkinan anak terserang kuman penyakit, misalnya kuman pseudomonas yang dapat memicu terjadinya radang paru-paru. Oleh karena itu, sangatlah penting mencermati kondisi fisik anak. Pastikan anak dalam keadaan sehat.

2. Gunakan Jas Hujan dan Sepatu Bot

Jas hujan berguna untuk melindungi anak dari terpaan angin dan hujan serta mengurangi rasa dingin. Sepatu bot untuk melindungi kaki dari kuman pada saat bermain becek-becekan. Anak pasti akan senang menggunakan jas hujan dan sepatu bot tersebut.

3. Pastikan Perut Anak Tidak Kosong

Perut kenyang dapat menjaga kekuatan tubuh tetap baik, maka pastikan anak telah diberi makan terlebih dahulu. Perut kosong akan mengakibatkan masuk angin, kembung, dan kedinginan.

4. Bermain Hujan Setelah Istirahat

Sebaiknya, bermain hujan setelah mendapat cukup istirahat, misal setelah anak tidur siang. Ketika kondisi tubuh sedang lelah dan mengantuk, dikhawatirkan dapat mengakibatkan anak terjatuh karena tidak mampu berkonsentrasi.

5. Batasi Waktu Bermain

Jangan biarkan anak bermain hujan terlalu lama. Beri waktu bermain selama 30 menit saja dan jangan terpancing ketika anak merengek ingin bermain kembali. Jika terlalu lama bermain hujan akan mengakibatkan kedinginan dan demam

6. Bilas Tubuh dengan Air Bersih Setelah Bermain Hujan

Bersihkan tubuh dengan air bersih dan sabun untuk menghindari kuman-kuman yang menempel di tubuh. Tidak perlu memandikan dengan air hangat, kecuali jika anak menggigil.


Bermain hujan sangat menyenangkan bagi anak. Biarkan anak menikmatinya tetapi di bawah pengawasan orang tua. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment