Smart Ladies Sering Naik Motor tanpa Jaket? Waspadai 4 Bahaya yang Mengincar

Hai, Smart Ladies!

Saat berkendara roda dua, ada beberapa perlengkapan bagi pengendara yang sebaiknya digunakan demi keselamatan dan kenyamanan berkendara. Ternyata, perlengkapan bagi pengendara bermotor, juga memengaruhi bagi kesehatan. Apakah itu?

Jaket menjadi perlengkapan sepele yang sering tidak dipedulikan bagi beberapa pengendara. Padahal, menurut para ahli kesehatan, salah satu perlengkapan yang paling penting bagi pengendara motor adalah jaket. Hal ini karena jaket tidak hanya melindungi tubuh sang pengendara, tetapi membantu untuk mencegah beberapa penyakit yang mungkin timbul akibat mengendarai motor.

Mengenakan jaket akan melindungi dada dan leher pengendara, serta menghindari beberapa hal yang berbahaya di antaranya, yaitu :

1. Menurunnya Performa Tubuh

Terpaan angin saat berkendara yang dibiarkan terlalu lama, akan membuat tubuh tidak fit sehingga mengganggu konsentrasi dalam beraktivitas. Bambang Wispriono, Ph.D selaku dekan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat UI menyatakan bahwa tubuh tidak akan kuat menahan terpaan angin saat berkendara dengan jarak tempuh yang jauh tanpa alat pelindung seperti jaket. Hal tersebut akan berdampak pada kesehatan tubuh.

2. Tidak Stabilnya Suhu Tubuh

Jaket yang dikenakan saat berkendara berfungsi sebagai isolator panas agar suhu tubuh tetap terjaga. Penurunan suhu tubuh akan terjadi, jika mengendarai motor tanpa menggunakan pelindung dada atau jaket. Saat tubuh mengalami penurunan suhu  maka perubahan tersebut akan dikompensasi oleh tubuh, seperti banyaknya suplai darah ke daerah dada. Jika hal tersebut terjadi terus-menerus, maka dikhawatirkan akan terjadi penumpukan cairan pada organ paru-paru. Hal itu akan memicu saluran pernafasan mengalami infeksi.

3. Gangguan Pernapasan

Risiko gangguan saluran pernapasan akan meningkat jika mengendarai motor tanpa menggunakan pelindung dada atau jaket. Sedikit apapun terpaan angin pada dada, dalam jangka panjang akan berdampak pada kesehatan pernapasan. Gangguan pada saluran pernapasan yang mungkin terjadi antara lain, ISPA, paru-paru basah, tbc, bronkitis, dan sebagainya

4. Menimbulkan Kanker

Gangguan saluran pernafasan dalam jangka waktu yang panjang, dan ditambah paparan polusi udara yang mengandung partikel kimia, juga dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan. Yaitu meningkatnya risiko kanker, seperti kanker paru-paru.

Perlengkapan berkendara yang dianggap remeh, ternyata dapat memperkecil risiko incaran bahaya, ya, Ladies. Berkendaralah dengan aman dan nyaman demi menjaga kesehatan jangka panjang.

Semoga bermanfaat

 

 

 

Related posts

Leave a Comment