5 Bahaya Klorin bagi Kesehatan yang Harus Diketahui

Hai, Smart Ladies!

Klorin merupakan senyawa campuran antara HCl atau asam klorida dengan oksidatornya, natrium hipoklorit atau kalium permanganat.

Senyawa klorin kebanyakan merupakan senyawa buatan. Senyawa ini bermanfaat untuk membunuh mikroorganisme dan sebagai zat pemutih. Oleh karena itu biasanya klorin dapat ditemui, antara lain pada:

1. Pabrik kertas, dimanfaatkan sebagai pemutih.
2. Kolam renang, dicampurkan sebagai pembersih dan pembunuh kuman.
3. Pertanian, sebagai bahan pestisida.
4. Alat-alat rumah saki,t sebagai cairan dekontaminasi.
5. Pembalut wanita, sebagai pembunuh mikroorganisme.

Namun, penelitian terbaru atas klorin menunjukkan bahwa senyawa ini sangat berbahaya. Manfaat yang dikandung klorin tidak sebanding dengan bahaya yang ditimbulkannya.

Berikut adalah bahaya klorin bagi kesehatan :

1. Gangguan Kulit

Paparan klorin melebihi ambang batas pada kulit akan mengakibatkan kerusakan kulit dengan gejala berupa gatal, bersisik, dan eksim menahun tanpa diketahui penyebabnya. Gangguan kulit seperti ini bisa terjadi jika Ladies tidak sengaja mengonsumsi air tanah dengan kandungan klorin tinggi. Klorin yang ada pada air tanah berasal dari pencemaran tanah dan air dari limbah pestisida atau pabrik kertas, misalnya.
Gangguan kulit karena klorin juga sering terjadi pada petani yang menggunakan pestisida secara berlebihan.

2. Keracunan

Pada beberapa orang, terpapar klorin dapat menimbulkan gejala keracunan, seperti sesak napas, rasa terbakar di mulut, tenggorokan membengkak, sakit perut, muntah, dan diare disertai adanya darah dalam feses.

Keracunan mungkin terjadi pada orang-orang yang bekerja di laboratorium atau rumah sakit dan bersinggungan dengan klorin dalam jumlah cukup besar.

3. Iritasi Mata

Iritasi mata merupakan gejala paling ringan dari bahaya klorin. Pernahkah Ladies merasa mata pedih, merah, dan gatal setelah berenang di kolam renang umum? Hal tersebut kemungkinan terjadi karena air kolam renang terlalu banyak mengandung kaporit. Kaporit adalah nama lain klorin yang digunakan sebagai disinfektan dan pembersih kolam renang.

4. Kerusakan Hati

Selain gangguan kulit, pencemaran air tanah oleh senyawa klorin juga dapat menyebabkan kerusakan hati. Kerusakan hati dapat menyebabkan gangguan pencernaan serius.

5. Kanker

Sampai saat ini, kanker masih merupakan salah satu penyakit paling ditakuti di dunia karena belum ada obat-obatan yang menjamin kesembuhannya. Kanker kulit dan kanker pada saluran genital wanita paling sering disebabkan klorin. Ini terjadi karena banyak pembalut wanita yang menggunakan klorin.

Itulah lima bahaya klorin bagi kesehatan yang wajib Smart Ladies ketahui. Semoga bermanfaat dan membuat kita semakin berhati-hati dalam menggunakan produk yang mengandung senyawa kimia.

Related posts

Leave a Comment