Khasiat Ajaib Putri Malu yang Sering Dianggap Rumput Liar

Halo, Smart Ladies.

Putri malu, tumbuhan yang sangat sensitif terhadap rangsangan, ternyata bisa membuat Ladies takjub. Tumbuhan yang memiliki nama latin Mimosa pudica ini ampuh sekali mengobati berbagai penyakit. Nah, mulai penasaran? Yuk, kita mulai ulasannya.

1. Penyembuh Luka bagi Penderita Diabetes

Putri malu adalah tumbuhan yang sangat sensitif terhadap ransangan ternyata bisa menyembuhkan luka bagi penderita diabetes. Universitas Indonesia sudah membuktikannya, ekstrak kloroform yang terkandung dalam akar tumbuhan ini terbukti ampuh menyembuhkan luka yang dialami oleh para penderita diabetes.

2. Obat Batuk

Bagi Ladies yang sedang mengalami batuk tidak sembuh dan sudah mengonsumsi obat, bisa mencoba air rebusan daun putri malu. Hal ini karena kandungan zat yang ada pada tumbuhan ini dipercaya dapat mengobati batuk berdahak.

Air rebusan ini juga bisa menyembuhkan penyakit pernapasan seperti flu dan semacamnya. Caranya, cukup rebus 10-15 gram daun putri malu lalu minum ramuan ini.

3. Obat Hapetitis

Tanaman ini mengandung berbagai zat yang bermanfaat seperti mimosin, tanin, asam pipekolinat sehingga, juga bisa menjadi obat herbal alami bisa menyembuhkan hepatitis. Bukan hanya itu, dengan mengonsumsi air rebusan daun putri malu juga bisa meminimalisir gejala peradangan pada organ hati yang diakibatkan oleh virus hepatitis.

4. Mengatasi Infeksi dan Menghentikan Pendarahan

Ekstrak bubuk putri malu ini bisa digunakan untuk mengatasi infeksi dan menghentikan pendarahan. Kandungan antioksidan dan senyawa tanin bisa membantu dalam proses pembentukan kulit yang lebih sehat.

5. Melindungi Hati

Tumbuhan ini juga bisa menjaga organ hati agar tetap sehat dan terbebas dari racun yang berbahaya dalam tubuh. Kandungan etanol, tanin, dan zat lainnya diduga bisa melindungi hati dari berbagai virus jahat. Caranya dengan mengonsumsi ekstrak daun putri malu atau air rebusan daunnya.

6. Bisa Mengatasi Insomnia

Bagi yang punya penyakit susah tidur, Ladies bisa mencoba minum ramuan tumbuhan ajaib ini. Kandungan zat melatonin yang mampu memberikan efek sedatif (penenang) akan membuat tubuh menjadi rileks dan memicu rasa kantuk secara alami. Caranya rebus 50 gram putri malu dan minum secukupnya sebelum tidur.

Nah, Ladies pasti tidak pernah menyangka, bukan? Tumbuhan yang selama ini dianggap tanaman liar, ternyata banyak sekali manfaatnya. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment