6 Cara Alami Menyingkirkan Ketombe dengan Buah

Hai, Smart Ladies!

Rambut berketombe menjadi masalah serius bagi sebagian orang. Kehadiran ketombe memang mengganggu penampilan kita sehari-hari. Tak hanya menimbulkan rasa gatal, tetapi serbuk-serbuk atau butiran ketombe berwarna putih juga membuat Ladies tidak percaya diri. Penggunaan sampo anti ketombe tidak selalu dapat menyelesaikan permasalahan yang satu ini.

Buah-buahan ini dapat membantu Ladies untuk mengatasi masalah ketombe, antara lain:

1. Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat melembapkan dan melindungi kulit kering. Menggunakan alpukat yang dihaluskan  bisa membantu mengatasi masalah kulit kepala.  Hancurkan satu buah alpukat, campur dengan minyak zaitun atau madu. Lumuri kulit kepala dengan campuran bahan ini secara merata dan lakukan pemijatan. Biarkan selama 10 hingga 15 menit. Kemudian bilas untuk membersihkan kulit kepala dari sisa-sisa alpukat.

2. Bit

Buah bit ini sering dijumpai sebagai campuran salad. Faktanya, bit juga dapat digunakan untuk mengatasi ketombe dan kulit kepala kering. Caranya, rebus bit dengan air, lalu gunakan air rebusannya untuk membilas rambut, diamkan beberapa menit. Terakhir, bilas dengan air dingin.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C, B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fofsor, magnesium, kalium, seng, gula, dan, asam sitrat yang membuat rasa asam. Vitamin C akan sangat baik bagi pertumbuhan akar rambut, menebalkan rambut dan membasmi ketombe. Caranya adalah peras buah jeruk nipis, campurkan dengan air secukupnya dan oleskan pada kulit kepala.  Biarkan sebentar agar meresap, bilas sampai bersih.

4. Kulit Jeruk

Buah jeruk tidak hanya enak untuk disantap, tetapi  kulit yang biasanya dibuang justru ampuh dalam mengatasi ketombe secara alami. Hal ini disebabkan adanya zat anti peradangan yang efektif  mengatasi kulit kepala kering. Caranya adalah dengan melembutkan kulit jeruk serta mengoleskannya pada kulit kepala. Bila ingin memperoleh hasil optimal, diamkan semalaman. Kulit jeruk  bisa  mencegah rambut rontok serta membuat rambut sehat dan bercahaya. Kulit jeruk juga dapat berfungsi sebagai kondisioner yang sangat baik.

5. Lemon

 Ladies bisa menggunakan lemon untuk menghilangkan ketombe dan mengatasi rambut rontok secara alami. Campurkan baking soda dengan air perasan lemon. Aduk hingga rata dan berbentuk pasta. Aplikasikan campuran tersebut pada kulit kepala. Bungkus rambut yang sudah diuapi dengan air panas. Diamkan selama 30 menit agar kandungan bahan tersebut meresap dan bilas menggunakan air dingin.  

6. Pisang

Pisang sangat baik untuk melembapkan kulit kepala yang kering karena mengandung zat antimikroba alami yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Caranya, haluskan pisang dengan menambahkan beberapa sendok minyak kelapa, madu, minyak zaitun atau perasan air lemon. Aduk hingga kental, oleskan pada rambut secara merata. Jangan lupa memijat kulit kepala secara perlahan dan biarkan selama 30 menit. Cucilah rambut dengan menggunakan shampo yang berjenis mild sulfate free.

Banyak cara alami, mudah dan murah yang dapat Ladies tempuh untuk mengatasi kebandelan ketombe. Jika Ladies mengonsumsi buah-buahan di atas, Ladies mendapatkan dua manfaat ketombe hilang dan tubuh yang sehat. Selamat mencoba!

 

Sumber gambar: doktersehat.com

 

 

 

Related posts

Leave a Comment