5 Cara Tepat Tingkatkan Sistem Imunitas Anak di Tengah Kondisi Cuaca yang Tak Bersahabat

Smart Ladies, sistem imunitas si kecil belum terbentuk sempurna. Anak-anak rentan terkena paparan virus maupun bakteri yang ada di sekelilingnya. Terlebih lagi, kondisi cuaca sedang tidak bersahabat. Panas dan hujan yang datang silih berganti membuat kekebalan tubuh menurun.


Inilah mengapa anak-anak gampang terkena penyakit. Mereka sering terkena demam, batuk, dan pilek dalam kurun waktu yang berdekatan. Kondisi ini mengharuskan orang tua untuk lebih memperhatikan dan menjaga sistem imunitas anak. Ada 5 cara tepat yang bisa diterapkan agar kekebalan tubuh si kecil lebih meningkat.


1. Asupan Makanan Bergizi



Sumber pexels


Makanan merupakan faktor penting untuk menjaga kesehatan. Anak-anak membutuhkan banyak jenis makanan yang bergizi agar tumbuh kembangnya sempurna. Selain itu, asupan makanan sehat mampu meningkatkan daya tahan tubuh mereka.


Perbanyak sayur dan buah dalam menu keseharian mereka. Sayur dan buah mengandung fitonutrien yang memiliki kemampuan memperbanyak produksi sel darah putih. Interferon yang ada di dalam sayur dan buah sangat bagus bagi kesehatan buah hati karena mampu menangkal serangan virus dan bakteri.


2. Istirahat Cukup

Sumber pexels


Untuk anak usia prasekolah, waktu istirahat minimal adalah 10 jam. Bila tak bisa tidur siang, ajak mereka tidur lebih awal pada malam hari. Pastikan anak-anak mendapatkan istirahat yang cukup. Kurang istirahat akan membuat daya tahan tubuh melemah. Hal ini akan membuat si kecil lebih mudah sakit.


3. Olah Raga Teratur

Sumber gambar Bd guide


Rutin berolah raga akan membuat tubuh lebih sehat dan meningkatkan sistem imunitas atau daya tahan tubuh. Tak hanya orang dewasa saja, hal ini juga berlaku pada anak-anak. Jadi, ajaklah buah hati berolah raga secara teratur. Menghabiskan waktu untuk olah raga bersama juga bermanfaatkan menciptakan bonding kuat dengan mereka.


4. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

sumber doktrcantik.com


Ajarkan tentang kebersihan diri dan lingkungan kepada anak sejak dini. Usahakan menanamkan kebiasaan hidup sehat dan bersih kepada mereka. Sebelum makan, ajak si kecil untuk cuci tangan terlebih dahulu. Orang tua juga harus memperhatikan kebersihan mainan dan benda-benda yang mereka pegang. Bawalah tisu basah kemana pun agar kebersihan tangan si kecil terjaga.


5. Jauhkan dari Asap Rokok dan Kendaraan

Sumber pexels

 

 

Polusi udara bisa memengaruhi kesehatan pernapasan pada anak. Sebisa mungkin jauhkan asap rokok dari si kecil, caranya suruh pasangan Ladies merokok di luar rumah. Pakaikan jaket, helm berkaca, dan masker bila anak akan diajak bepergian menggunakan motor.

Smart Ladies, kesehatan mahal harganya, apalagi situasi dan cuaca sedang tidak bersahabat. Paparan radikal bebas, perubahan iklim, dan semakin banyaknya bakteri serta virus membuat anak rentan terjangkit penyakit. Lebih baik mencegah agar si kecil terhindar dari sakit.

Related posts

Leave a Comment