5 Cara Meningkatkan Pola Makan Sehat pada Anak

Hai, Smart Ladies!


Tidak ada yang lebih menyenangkan selain melihat anak tumbuh sehat. Agar anak dapat tumbuh sehat, perlu disiapkan makanan yang bergizi. Perkenalkan sejak dini pada anak manfaat makanan yang sehat dan bergizi. Ladies dapat memberi contoh pola hidup dan makan yang sehat kepada anak. Untuk lebih jelasnya, yuk, kita simak cara pola makan sehat pada anak berikut ini!




1. Memberi Makanan Seimbang 

Makanan yang seimbang sangat dibutuhkan pada masa perkembangan anak. Membatasi jenis dan jumlah makanan anak akan meningkatkan risiko gangguan pola makan pada anak seperti bulimia dan anoreksia pada saat remaja nanti. Efek lainnya, akan terjadi gangguan pertumbuhan dan perkembangan.




2. Sediakan Makanan Sehat di Rumah


Taruhlah buah-buahan di atas meja sebagai makanan camilan. Jangan taruh di kulkas agar anak terbiasa makan buah.


3. Jelaskan Kandungan Setiap Makanan


Usahakan memberikan penjelasan kepada anak mengenai kandungan yang terdapat pada makanan yang dikonsumsinya. Misalnya kalsium yang terkandung dalam susu dan ikan sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Diharapkan dengan memberikan penjelasan anak akan rajin memakannya.


4. Makan Malam Bersama


Biasanya seluruh anggota keluarga berkumpul pada malam hari. Gunakan kesempatan ini untuk makan bersama. Menurut penelitian, makan bersama sangat berperan dalam mengatur pola makan anak. Selain itu akan terjalin komunikasi yang baik antara anggota keluarga.


5. Kontrol Makanan Anak


Ladies dapat membuat suatu permainan pada anak ketika makan bersama. Pancing dengan memberi nilai pada setiap menu, misal, jika makan sayur akan mendapat nilai tinggi. Setelah itu beri pujian dan katakan bahwa ia akan menjadi sehat, kuat, dan pintar.


Inilah beberapa cara agar anak menjalani pola makan sehat, Ladies. Dengan terciptanya pola makan sehat ini, anak dapat terhindar dari berat badan berlebih atau obesitas maupun kekurangan gizi. Semua ini akan berdampak bagi pertumbuhan anak kelak. Diperlukan keseimbangan dalam pola makan anak agar dapat tumbuh sehat dan pintar. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment