Yuk, Mengenal Istilah Phubbing

Halo, Smart Ladies!

Pernahkah mendengar istilah phubbing? Yuk, berkenalan dengan istilah tersebut, dampak negatif phubbing, dan kampanye setop phubbing!

Definisi Phubbing

Phubbing merupakan istilah baru di dunia, kependekan dari phone snubbing, yang artinya seseorang yang melakukan tindakan tidak peduli terhadap lingkungan dan lawan bicara di depannya karena fokus pada gawai. Istilah ini diperkenalkan pertama kali oleh agensi periklanan McCann dan menjadi kata yang viral hingga masuk kamus istilah kata baru dalam Macquaire Dictionary. Namun, istilah phubbing sebenarnya ditemukan oleh sekelompok orang yang terdiri dari psikolog, fenotikia, juara debat, penyair, dan banyak ahli bahasa yang sengaja berkumpul pada Mei 2012.

Dampak Negatif Phubbing

Fenomena phubbing tidak terdeteksi ketika ponsel pintar pertama kali dipakai sekitar tahun 2007. Namun, seiring dengan semakin berkembangnya aplikasi pada ponsel tersebut pada awal abad 21 ini, interaksi sosial penggunanya sering kali bermasalah. Orang semakin tenggelam di dunia maya meskipun di dekatnya ada orang lain yang dapat berinteraksi langsung.

Saat ini, kata phubbing banyak ditemukan pada berbagai kampanye tentang kecanduan gawai. Di banyak negara Eropa dan Amerika Serikat, kampanye setop phubbing semakin marak karena banyak sekali masalah yang ditimbulkan orang yang melakukannya.

Bagaimana dengan di Indonesia, Ladies? Meski kata phubbing tergolong baru dan belum banyak dikenal, kecanduan gawai juga sudah menimbulkan banyak masalah, antara lain:

  1. Anak kecanduan gawai sehingga aktivitas sosial dan belajar berkurang.
  2. Hubungan antar anggota keluarga kurang harmonis karena masing-masing sibuk dengan gawai.
  3. Angka perceraian yang semakin tinggi karena komunikasi di rumah sudah tidak lagi memadai.
  4. Aksi pornografi yang banyak ditonton oleh anak di bawah umur.
  5. Kecelakaan lalu lintas banyak terjadi karena pengemudi sibuk dengan gawai.
  6. Penurunan kesehatan fisik dan mental.

Kampanye Setop Phubbing

Dalam kehidupan sehari-hari, pernahkah Ladies merasakan aksi phubbing lawan bicara? Sangat tidak menyenangkan, bukan? Oleh karena itu, kampanye menghentikan aksi phubbing harus dimulai dari hari ini oleh diri sendiri. Cara paling sederhana dapat diterapkan di keluarga Ladies dengan menghentikan penggunaan gawai saat jam 18.00 sampai 20.00, misalnya. Dengan langkah konsisten, maka kebiasaan meninggalkan gawai dapat dialihkan untuk hal-hal yang bermanfaat, seperti belajar dan komunikasi antar anggota keluarga. Selanjutnya, langkah dapat ditularkan ke tempat lain, seperti di kantor saat makan bersama.

Itulah sedikit info tentang phubbing. Yuk, setop phubbing!

Related posts

Leave a Comment