5 Jenis Buah yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Pixabay

Hai, Smart Ladies!


Kolesterol tinggi dapat menyerang siapa pun, baik tua atau muda. Kolesterol tinggi tidak saja dialami pemilik tubuh gemuk, tetapi pemilik tubuh kurus juga bisa. Penyebab utama dari kolesterol adalah pola makan yang tidak sehat.
Tahukah, Ladies, ada buah yang dapat mengurangi kadar kolesterol secara efektif. Buah apakah itu? Mari simak penjelasan di bawah ini:

Pixabay

1. Semangka


Siapa yang tidak mengenal buah ini? Buah yang berwarna merah atau kuning ini terkenal banyak mengandung air. Kandungan likopen pada semangka dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Pixabay

2. Tomat


Buah tomat mengandung vitamin B, kalium, dan likopen yang mampu menurunkan kadar kolestrol. Untuk mendapatkan kadar likopen yang terbaik, tomat sebaiknya dimasak terlebih dahulu agar kadar likopen lebih mudah diserap tubuh.

Pixabay

3. Alpukat


Sejak dahulu, alpukat dikenal sebagai buah yang mengandung banyak lemak. Namun, lemak pada alpukat adalah lemak yang menyehatkan karena 63%penyusunnya adalah asam lemak tak jenuh, terutama asam lemak tidak jenuh tunggal.
Asam lemak tak jenuh pada alpukat berfungsi sebagai antioksidan yang berkhasiat menjaga pembuluh darah dari kerusakan akibat penumpukan kolesterol LDL ( Low Density Lipoprotein)

Pixabay

4. Jeruk Nipis


Kandungan flavonoid pada jeruk nipis berkhasiat menghambat produksi kolesterol jahat LDL ( Low Density Lipoprotein) dalam darah sehingga akan mengurangi risiko serangan jantung. Penggunaan jeruk nipis dapat digunakan sebagai teman minum atau dicampur dalam masakan.
Untuk menikmati jeruk nipis, cukup dengan mengiris-iris tipis dan masukkan ke dalam gelas. Tuang air panas dan tunggu 30 menit, lalu diminum hingga habis. Jangan khawatir dengan perut, ladies, karena jeruk nipis tidak akan membuat lambung menjadi perih.

Pixabay

5. Apel
Buah apel dikenal sebagai buah yang menyehatkan. Kandungan zat beta-glucan dan serat pada apel berperan dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mencegah pengerasan pada arteri. Buah apel juga dapat menghindari serangan jantung dan stroke.


Bagi Ladies yang hobi mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi, imbangi dengan mengonsumsi buah-buahan tersebut. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment