6 Tips Mudah Merawat Tas Kulit

Merawat Tas Berbahan Kulit

Hai, Smart Ladies!

Tas yang berbahan dasar kulit domba atau sapi masih digemari banyak perempuan sampai saat ini. Sayangnya, jenis tas ini mempunyai harga cukup mahal dan perawatannya pun tidak mudah. Kulit tas mudah sekali rusak, seperti mengelupas atau pecah-pecah jika perawatan kurang benar. Padahal, jika perawatannya benar, maka tas kulit lebih awet dibandingkan tas bahan lain. Warna tas kulit tidak mudah pudar dan modelnya tidak pernah ketinggalan zaman.

Untuk Ladies yang mempunyai tas kulit atau berniat membelinya, di bawah ini ada beberapa cara mudah merawat tas kulit.

1. Cara Menyimpan

Tas kulit sebaiknya disimpan di tempat yang tidak terkena panas matahari langsung, tetapi juga tidak lembap. Udara lembap membuat tas menjadi pecah-pecah dan rawan ditumbuhi jamur. Sementara, tas yang sering terkena paparan sinar matahari langsung warnanya akan cepat memudar.

2. Segera Bersihkan Noda yang Menempel

Jika tas kulit terkena noda, segera bersihkan. Membersihkannya tidaklah sulit. Ladies hanya cukup menaburkan bubuk kapur tulis putih di atasnya selama semalam. Pagi harinya, usaplah bekas noda yang telah ditaburi kapur dengan cairan pembersih khusus untuk bahan kulit.

3. Mencuci Tas Kulit

Tas kulit yang sering digunakan tentu saja akan kotor. Jika Ladies ingin mencucinya sendiri, gunakanlah sabun khusus untuk bahan kulit dan bilaslah sampai bersih. Jangan menggosok tas kulit terlalu keras atau menggunakan mesin cuci. Jika ingin lebih praktis Ladies dapat membawa tas ke tempat pencucian khusus tas berbahan kulit.

4. Pakailah Sesering Mungkin

Mungkin, Ladies beranggapan bahwa tas kulit akan rusak jika sering dipakai. Namun anggapan tersebut keliru. Tas ini dianjurkan agar sering digunakan. Tas yang jarang digunakan akan menjadi lembap dan kelenturannya berkurang.

5. Menggunakan Zaitun atau Minyak Kelapa

Untuk perawatan sendiri, Ladies dapat menggunakan cairan khusus untuk bahan kulit, atau minyak zaitun dan minyak kelapa. Ketiga bahan tersebut mengandung moisturizer yang menjaga tekstur kulit.

6. Menggunakan Kapas atau Kain Microfiber

Tips terakhir, gunakanlah tisu atau kain microfiber untuk memoles permukaan tas. Jangan menggunakan tisu atau spons pada permukaan kulit. Serat tisu cukup tajam sehingga dapat merusak tekstur tas. Sementara, spons dapat membuat warna kulit memudar.

Itulah tips merawat tas kulit dengan mudah. Jadi, jika Ladies berminat dengan jenis tas ini, tidak perlu lagi ragu untuk membelinya. Selamat mencoba!

Related posts

Leave a Comment