5 Makanan Bergizi Tinggi yang Bagus untuk Nutrisi Anak

Hai, Smart Ladies!

Memenuhi nutrisi anak agar tercukupi gizinya menjadi tanggung jawab orang tua. Namun, hal tersebut tidak bisa diukur dari banyaknya makanan yang dikonsumsi anak. Orang tua juga harus memperhatikan jenis makanan pada menu harian si anak.

Apa yang dimakan anak haruslah seimbang gizinya. Karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin menjadi zat penting dalam memenuhi gizi anak. Makanan yang itu-itu saja bisa membuat anak kekurangan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuhnya.

Sebagai variasi, berikut 5 makanan bergizi tinggi yang baik untuk meningkatkan nutrisi anak.


1. Alpukat

Buah berwarna hijau ini memiliki protein yang tinggi dan lemak baik. Rasa buah ini legit manis dan mengandung serat yang mudah larut.

Kandungan vitamin E pada buah alpukat baik untuk menurunkan kolesterol, mencegah sembelit, dan mencegah kanker.

Alpukat bisa langsung dikonsumsi, bisa juga dihaluskan dengan cara ditumbuk atau dilumatkan. Tambahkan yoghurt atau jus jeruk sebagai penambah rasa. Jika usia anak di bawah satu tahun, sebaiknya tidak diberi tambahan apa pun.

pic by pixabay


2. Blueberry

Blueberry adalah buah yang mengandung antioksidan yang tinggi, baik untuk menangkal radikal bebas. Buah ini bisa dimakan utuh atau diolah menjadi pudding, isian kue yang lunak untuk anak, atau sebagai topping cookies.

Kandungan buah ini baik untuk mencegah penyakit jantung, kanker, dan bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Kandungan dalam buah blueberry juga baik untuk memperkuat memori.

pic by Pixabay


3. Oatmeal

Makanan ini merupakan gandum utuh yang dapat membuat rasa kenyang lebih lama. Oatmeal termasuk salah satu makanan yang  mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan mencegah tingginya gula darah.

Sebaiknya, pilih biji oats kering utuh daripada oatmeal siap saji. Biji gandum utuh mengandung energi dan serat yang tinggi. Sajikan oatmeal bersama blueberry segar untuk sarapan yang lebih sehat. Selain itu, untuk menambah nutrisi anak, masaklah biji oats kering dengan susu.

pic by pixabay


4. Salmon

Ikan salmon termasuk ikan yang memiliki kandungan omega-3 tinggi. Omega-3 merupakan asam lemak yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung, serta memperbaiki daya ingat.

Untuk sajian bekal atau makan siang anak, Ladies bisa mengolah ikan salmon dengan cara digoreng. Pergunakan fillet daging salmon yang dipotong memanjang, lalu celupkan pada putih telur yang sudah dikocok. Setelah itu, masukkan ke dalam campuran tepung jagung dan roti yang sudah dibumbui garam, lada, paprika, bubuk bawang, dan permesan. Lalu, goreng dalam minyak panas.

pic by pixabay


5. Bayam

Sayuran ini sangat mudah diolah menjadi berbagai masakan. Bayam bisa disajikan dengan kuah kaldu bening yang ditambah pipilan jagung, atau ditumis dengan sedikit minyak sebagai lauk pada bubur bayi. Selain itu, juga bisa dihaluskan untuk dicampur pada bubur bayi.

Bayam memiliki banyak kandungan zat gizi, diantaranya adalah zat besi, kalsium, asam folat, vitamin A dan C yang baik untuk pertumbuhan otak dan tulang pada anak.

pic by pixabay

Semoga menginspirasi

Related posts

Leave a Comment