5 Cara Menghilangkan Waswas Anak Pascaujian Nasional

Dear, Smart Ladies!

Sebagian anak barangkali pernah mengalami waswas ketika menjelang ujian nasional hingga setelah ujian berakhir. Waswas yang menimbulkan efek gangguan psikologis tentu berbahaya jika dibiarkan dan dapat berakibat fatal bagi kesehatan.

Rasa panik, ketakutan berlebihan dan berujung depresi pascaujian nasional dapat menguras energi positif pikiran dan gangguan kejiwaan. Mengingat beratnya beban mental yang harus diterima lantaran hasil ujian belum keluar. Selain itu, kekhawatiran akan hasil ujian yang tidak memuaskan menambah rasa waswas meningkat sehingga emosi anak kerap lebih cenderung mengalami perubahan.

Oleh karena itu, untuk menghilangkan waswas anak pascaujian nasional ada baiknya orang tua melakukan 5 cara berikut ini:

1. Meneguhkan Hati dan Pikiran Anak

Orang tua menjadi sumber utama dalam mendampingi tumbuh kembang anak, pastikan anak tetap yakin akan kemampuannya dan terus memberikan kekuatan moral pada anak agar tidak terpengaruh pada informasi yang menyesatkan seputar hasil ujian nasional.

2. Memberikan Perlindungan dan Kasih Sayang Ekstra

Pascaujian nasional adalah masa-masa sulit yang harus dilewati anak. Perlindungan dan kasih sayang yang diberikan orang tua ada baiknya lebih ditingkatkan agar anak tidak merasa sendiri.

3. Mempertebal Kepercayaan Diri

Orang tua sangat berperan penting dalam mempertahanan kepercayaan diri anak agar tidak pupus. Anak membutuhkan kepercayaan diri yang lebih besar dari sebelumnya untuk menghadapi hasil ujian nasional yang akan diterima.

4. Melakukan Hal-Hal yang Disukai Anak

Melakukan aktivitas bersama yang disukai anak, mendatangkan relaksasi pada anak. Setidaknya anak dapat keluar dari suasana ujian nasional yang dijalaninya.

5. Perbanyak Ibadah dan Doa

Poin ini sangat penting, mengingat perjuangan anak melalui ujian nasional tidaklah mudah. Mengajaknya memperbanyak ibadah dan doa akan memberikan ketenangan batin, alhasil anak lebih kuat menjalani hari-harinya pascaujian nasional.

Semoga dengan melakukan 5 cara di atas, bermanfaat menghilangkan rasa waswas anak pascaujian nasional. Apa pun hasil ujian yang nanti adalah hasil kerja keras dan harus diterima dengan lapang dada.

mbok jun wati

mbok jun wati

Ibu dari 4 Ladies, Menyukai dunia menulis sejak SMU, saat ini terus belajar menerbitkan beberapa tulisan fiksi dan non fiksi (fb: juniawatisalamat, mbokwati18blogspot)
mbok jun wati

Related posts

Leave a Comment