Bukit Indah Yogyakarta, Wisata Berbatasan Laut yang Asyik Banget buat Berkemah

Halo, Smart Ladies.

Bukan rahasia lagi kawasan Selatan Yogyakarta dianugerahi beberapa pantai dengan pemandangan eksotis, lengkap dengan pasir putih yang lembut. Namun, keindahan pantai tidak hanya menawarkan keseruan bermain air atau bermain pasir. Di beberapa pantai, terdapat tebing atau bukit yang langsung berbatasan dengan laut sehingga berefek Yogyakarta rasa Bali.
Penasaran? Yuk, kita kupas lebih dalam.

1. Pantai Widodaren

Foto: wedang kopi perambanan

 

Foto: Traveloksy Holiday

Pantai ini dinamakan Widodaren yang dalam bahasa Jawa artinya bidadari, mengacu pada pemandangannya yang sangat indah. Jika ingin berkunjung ke tempat ini, sebaiknya Ladies berkunjung ke tempat ini saat air surut sehingga bisa turun dari tebing dan bermain di hamparan pasir putih dan karang. Pasalnya, ketika air pasang, bagian pantai ini akan hilang tertutup ombak.

Jika ingin turun, kita bisa menggunakan tangga kayu setinggi sekitar tujuh meter yang dibangun warga sekitar, biasanya digunakan untuk mencari ikan. Sebenarnya, tempat ini kurang nyaman untuk berkemah karena hanya ada sedikit save area, yakni area padang rumput di atas tebing atau di tebing karang. Meski demikian, pengalaman berkemah di atas tebing dengan pemandangan laut dan langit akan menjadi momen yang tidak terlupakan. Lokasi Pantai Widodaren ini terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

2. Pantai Siung

Foto: pegi-pegi.com

Pasti Smart Ladies tidak asing dengan nama Pantai Siung. Pantai ini kerap dijadikan lokasi ASEAN Climbing Gathering karena memiliki 250 trek lanjut tebing dengan standar internasional. Pantai Siung berdekatan dengan pantai-pantai selatan lainnya, seperti Pantau Wedi Ombo, Pantai Nglambor, Pantai Sepanjang, dan masih banyak lagi. Biaya masuk hanya dikenakan Rp10.000,00 per orang itu pun sudah termasuk akses ke Pantai Nglambor dan Pantai Jogan. Untuk lokasi Pantai Siung, Duwet Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

3. Pantai Kesirat

Foto: Traveloksy Holiday

Pantai ini memiliki tebing dengan ketinggian 15-30 meter yang menjadi daya tarik pengunjung. Selain bermain air di bagian pantai yang landai, para pengunjung juga kerap melakukan rock fishing atau berkemah. Di Pantai Kesirat, terdapat sebuah pohon yang disebut sebagai pohon abadi karena merupakan satu-satunya pohon yang tumbuh di bagian bibir tebing. Untuk masuk ke pantai ini, kita hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp5.000,00 per orang, belum termasuk biaya parkir. Jangan lupa menyiapkan bekal seperlunya karena belum ada fasilitas yang mumpuni di kawasan ini. Pantai Kesirat berlokasi di Karang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

4. Pantai Wohkudu

Foto: Travelingyuk.com

Pantai Wohkudu terletak tidak jauh dari Pantai Kesirat, sekitar 1,5 sampai 2 jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta. Di Pantai Wohkudu Smart Ladies bisa menyaksikan keindahan pantai disertai deburan laut dari atas tebing. Pantai ini sangat ideal untuk rock fishing dan digadang-gadang sebagai surganya pecinta lobster. Jika ingin berkemah, kita bisa mendirikan tenda di bagian landai pantai yang diapit tebing tinggi. Banyak gua yang terbentuk dari tebing sehingga membuat tampilannya semakin instagramable. Lokasi Pantai Wohkudu berada di Dukuh Wiroso, Girikarto, Panggang, Wiloso, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Nah, Ladies, jika ingin pelesiran ke Yogyakarta, empat pantai ini wajib masuk daftar objek wisata yang patut disinggahi. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment