Menanam Sayuran di Pot Kecil? Mudah dan Murah, Ladies Pasti Bisa!

Hai, Smart Ladies!

Buat yang suka memasak, tentu sering berbelanja bahan-bahan dapur, seperti sayuran dan bumbu pelengkapnya. Agar tidak terlalu sering berbelanja ke pasar, Ladies bisa, lo, menanam sayuran sendiri di rumah. Tidak perlu lahan luas, menanam sayuran dengan memakai pot kecil, toples atau, wadah bekas minuman pun bisa.

Menanam dalam pot selain menghemat pengeluaran, juga lebih higienis. Berikut ini adalah beberapa sayuran yang bisa Ladies coba menanamnya sendiri di rumah. Bahkan ada yang cukup dengan air saja, lo.


1. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bumbu dapur ini tentu tidak asing buat Ladies. Hampir di semua masakan bawang putih dan bawang merah pasti ada. Aromanya membuat masakan menjadi enak.

Cara menanamnya cukup mudah, ambil satu siung dan tanam bagian akarnya ke tanah. Bagian atas dipotong sedikit untuk pertumbuhan tunas. Letakkan pot di bawah sinar matahari langsung.

tanaman bawang merah via urbanina.com

2. Selada

Sayuran ini sering dijadikan sebagai garnish atau hiasan makanan dan hanya digunakan beberapa lembar saja. Selada bisa tumbuh hanya dengan meletakkannya di toples yang berisi air.

Letakkan bagian akarnya ke dalam botol/toples yang berisi air, jangan lupa selalu ditambah air jika mengering. Letakkan di bawah sinar matahari. Jika tunas sudah tumbuh, pindahkan ke pot dengan media tanah.

daun selada via gitapertiwi.org

3. Cabai

Harga cabai kadang naik turun mengikuti situasi, misalnya saat hari raya. Agar dapat  menghemat pengeluaran, Ladies bisa mencoba menanamnya sendiri di rumah.

Cukup sebar biji yang sudah dikeringkan, lalu siram secara setiap hari dan letakkan bawah sinar matahari. Gunakan pot yang agak besar agar bisa tumbuh lebih bagus.


tanaman cabe via omah-tips.blogspot.co.id

3. Seledri

Daun seledri  adalah salah satu jenis sayuran yang paling mudah tumbuh, cukup celupkan batangnya ke dalam air.

Potong bagian bawah seledri, lalu taruh di dalam mangkuk berisi air hangat secukupnya. Letakkan mangkuk di bawah sinar matahari langsung, nanti akan muncul daun pada batang seldri.

seledri via koleksi-tanamanhias.blogspot.com

4. Daun Bawang

Cara menanamnya, cukup menggunakan bagian akar daun bawang sisa memasak. tempatkan dalam cangkir yang berisi air, letakkan di dekat jendela dapur agar terkena sinar matahari.

Pada bekas potongan, tadi akan tumbuh daun baru dan Ladies cukup memotongnya saat diperlukan untuk memasak

daun bawang via yukep.com

5. Serai

Akar serai  hanya membutuhkan secangkir air dan sinar matahari untuk tumbuh. Tanaman ini membutuhkanwaktu sekitar satu minggu untuk tumbuh dengan cara meletakkan potongan akarnya di dalam tanah.  Ladies bisa memindahkannya di pot atau pekarangan saat batangya sudah mencapai sekitar 30 senti.

serai via resepkoko.com

Sayuran di atas hanya sebagian kecil dari jenis lainnya yang dapat ditanam di pot. Mulailah menanam sayuran di pot karena selain menghemat pengeluaran, juga lebih higienis. Selain itu  menanam sayuran juga dapat menyalurkan hobi dan menghilangkan stres. Bagaimana, Ladies, tertarik mencoba?

Related posts

Leave a Comment