Inilah Gaya Hidup Zero Waste yang Patut Diterapkan

Hai Smart Ladies. Apakah Ladies pernah mendengar atau bahkan sedang melakukan gaya hidup zero waste? Jika diterjemahkan, zero adalah nol alias kosong, sedangkan waste adalah sampah. Jadi, zero waste adalah gaya hidup tanpa sampah.

Di Jepang, gaya hidup tersebut sudah lama diterapkan oleh masyarakatnya. Tak mengherankan bila lingkungan di penjuru negeri Sakura itu sangat bersih. Setiap penduduknya diwajibkan mengolah sampah yang sudah mereka hasilkan sendiri sehingga akan berpikir ulang ketika hendak membuang sampah.

Smart Ladies, pada prinsipnya, gaya hidup zero waste ini sangat mudah dilakukan. Hanya saja, memang dibutuhkan sedikit pembiasaan dan mungkin agak ribet bagi sebagian besar orang Indonesia. Berikut ini hal-hal yang bisa Ladies lakukan untuk meminimalkan atau menghilangkan sampah:


1. Memilah Sampah

Pisahkan antara sampah organik dan anorganik. Sisa makanan, sayuran, atau buah-buahan tergolong sampah organik yang bisa diurai oleh mikroorganisme dalam waktu relatif singkat. Sampah kemasan, apalagi yang berbahan plastik, kaleng, styrofoam, kaca, dapat terurai dalam waktu sangat lama.


2. Pengolahan Sampah

Mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos. Selain dapat digunakan sendiri, bisa juga dijadikan penghasilan tambahan, lo.


3. Daur Ulang

Mendaur ulang sampah anorganik menjadi produk yang dapat digunakan kembali. Hal ini dikarenakan masa penguraian sampah sangat panjang sehingga Ladies harus memutar otak untuk memanfaatkannya menjadi produk daur ulang.


4. Memanfaatkan Bank Sampah

Kumpulkan sampah anorganik, lalu setorkan ke bank sampah terdekat. Saat ini sudah banyak perumahan atau kampung, yang menyediakan bank sampah bagi warganya.


5. Minimalkan Sampah Anorganik

Sebisa mungkin, jangan hasilkan sampah anorganik. Hal ini bisa disiasati dengan membawa kantong belanjaan sendiri saat berbelanja, membawa sedotan sendiri untuk minum di tempat umum, menghindari pemakaian produk sekali pakai, dan lain sebagainya.


6. Ajakan Kepada Orang-orang Terdekat

Mengajak orang-orang terdekat untuk menerapkan gaya hidup zero waste. Bumi kita akan bersih dari sampah jika semua penduduknya sadar akan bahaya yang mengintai di kemudian hari. 

Nah, itulah enam gaya hidup zero waste yang wajib Ladies lakukan. Ingatlah, bahwa hasil tidak akan mengkhianati usaha. Lakukan semuanya demi bumi kita tercinta. Selamat mencoba.

Related posts

Leave a Comment