Aneka Kuliner Ini Berbahan Adonan Pempek Lo!


Halo, Smart Ladies! Mendengar kata pempek, semua orang pasti makana khas itu berasal dari Palembang. Pempek merupakan makanan berasal dari Cina dab dilestarikan masyarakat Palembang. Bahan dasar pempek adalah tepung terigu, tapioka, ikan, dan telur yang dicampur menjadi satu.


Ladies, Palembang memiliki kuliner khas. Sekilas tidak ada yang aneh dengan pempek. Namun jika diamati ada yang unik yaitu berbeda bentuk, berbeda pula namanya, meski bahannya sama. Berikut beberapa nama makanan yang berbahan dasar pempek.


1. Lenjer

Lenjer adalah sebutan untuk pempek yang berukuran panjang, biasanya sebelum dikonsumsi pempek dipotong-potong kecil sesuai keinginan, lalu di santap dengan cuko.


2. Kapal Selam


Kapal selam adalah sebut untuk pempek yang berukuran besar dan berisi telor ayam. Sebelum disantap, pempek kapal selam dipotong potong, lalu dicampur cuko, timun, ebi.


3. Lenggang


Pempek lenggang adalah pempek yang dibuat dengan cara dipanggang. Adonan dicampur telor ayam atau telor bebek, kemudian dipanggang dalam cetakan daun pisang dengan api kecil. Lenggang juga disantap dengan cuko.


4. Climpungan

Climpungan adalah makanan yang berasal dari adonan pempek berbentuk bulat seperti bekel. Climpungan biasanya dicampur dengan kuah santan kental berwarna kuning, rasanya gulih, dan kenyal.


5. Lakso


Lakso juga terbuat dari adonan pempek yang berbentuk panjang seperti mi. Biasanya lakso dicampur kuah santan kental berwana putih.


6. Laksan


Makanan ini berbahan adonan pempek yang berbentuk petak atau pipih. Laksan biasanya dikonsumsi dengan kuah santan kental merah dan rasanya cerderung pedas, karena ditambah cabai.


7. Model


Makanan yang satu ini juga sama berasal dari adonan pempek, model berbentuk bulat diisi dengan tahu atau telur. Kuahnya bertekstur bening rasanya gurih dan segar saat disantap.


8. Tekwan


Bahan dasar tekwan juga berasal dari adonan pempek dibentuk menyerupai kerikil. Kuah tekwan sama dengan kuah model baik dari segi tekstur maupun rasa.


Unik, ‘kan, Ladies? satu adonan bisa diolah menjadi beberapa jenia makanan. . Kalau Ladies jalan-jalan ke Palembang, jangan lupa mencicipi makanan tersebut.

Sumber gambar : makassar.tribunnews.com

Related posts

Leave a Comment