5 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Halo, Smart Ladies!

Semua orang pasti pernah menangis, bisa karena situasi yang buruk, mengharukan, atau bahkan saat tertawa. Menangis adalah luapan emosi perasaan dalam jiwa dan merupakan respon alami tubuh. Beberapa orang mengatakan dengan menangis akan membuat perasaan menjadi lebih lega dan tenang.

Meskipun hal yang sepele, ternyata menangis memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Berikut adalah penjelasannya.

menangis / pinterest

1. Mengurangi Stres

Stres sebenarnya akan menghasilkan bahan kimia dan hormon dalam tubuh. Air mata yang keluar saat menangis mengandung zat kimia berupa andrenocorticotrophic dan juga kortisol atau hormon stres.

Bahan kimia dan hormon stres memang harus dikeluarkan dari dalam tubuh agar tidak menyebabkan masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

2. Membunuh Bakteri

Air mata mengandung lysozyme yang berfungsi efektif melawan bakteri dalam waktu singkat. Zat ini merupakan cairan yang juga terdapat pada air liur, lendir, air mani (sperma), dan air susu ibu (ASI).

Lysozyme dapat membunuh hingga 95% bakteri yang terdapat pada mata dan wajah dengan cara memecah dinding bakteri dalam 5 sampai 10 menit. Air mata mengalir dari kelenjar mata menuju rongga hidung, bercampur dengan lendir hidung dan menjadi ingus. Campuran air mata dan lendir ini akan membersihkan bagian dalam hidung dan menjaga kelembapannya.

3. Membersihkan Racun

Menurut Dr. Willian H. Frey II, seorang ahli biokimia dan direktur di Psychiantry Research Laboratories di St. Paul-Ramsey Medical Centre, menangis sama halnya dengan berkeringat, mengembuskan napas, dan buang air kecil, yaitu proses sekresi atau membuang racun dalam tubuh.

Dengan menangis, kita mengizinkan tubuh untuk memurnikan diri dan mengembalikan keseimbangan hormon sehingga membuat perasaan menjadi lebih baik.

4. Menyehatkan Mata

Salah satu fungsi air mata adalah melumasi permukaan bola mata dan mencegah dehidrasi selaput lendir di sekitarnya. Jadi, tanpa air mata yang cukup, kita dapat mengalami gangguan penglihatan akibat dehidrasi mata.

Seringlah berkedip saat penglihatan terasa kabur, kering, dan iritasi karena akan  menghasilkan lebih banyak air mata

5. Memperbaiki Suasana Hati

Menurut sebuah penelitian, menangis dapat menenangkan diri dan meningkatkan suasana hati daripada mengonsumsi obat. Apa pun penyebab meneteskan air mata, kita akan merasa jauh lebih baik setelah menangis.

Endrophin yang dihasilkan dari menangis mempunyai fungsi yang sama dengan yang dihasilkan dari kegiatan olahraga. Jika amarah bisa mereda setelah lari jarak jauh atau kegiatan olahraga lainnya, kesedihan juga akan mereda setelah menangis.

Daripada bergantung pada obat yang memiliki efek samping, cobalah memperbaiki suasana hati dengan menangis sepuasnya. Lepaskan semua ketegangan dengan menangis dan perasaan akan menjadi lebih ringan setelahnya.

Sering kali menangis dianggap sebuah kelemahan sehingga seseorang akan menahan diri untuk tidak meneteskan air mata. Namun, seperti penjelasan di atas, ada berbagai manfaat dari menangis. Jangan malu untuk mengeluarkan air mata karena itu akan membuat kita sehat dan merasa lebih baik dan tenang.

Related posts

Leave a Comment