Mengenal Lebih Dekat Jamu dan Khasiatnya bagi Wanita

Hai, Smart Ladies!

Anak muda zaman sekarang  jarang sekali yang mau minum jamu. Selain karena rasanya pahit, juga dianggap kuno dan tidak mengikuti zaman yang serba praktis. Padahal, minuman tradisional ini mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan.

Ada beberapa jenis jamu yang cocok untuk Ladies konsumsi karena berkhasiat untuk masalah kewanitaan. Yuk, simak dulu, siapa tahu ada yang tertarik mencobanya.


1. Kunyit Asam


Jamu ini sudah populer sejak dulu, berkhasiat untuk mengurangi nyeri haid.
Jamu tradisional ini terdiri dari kunyit, asam jawa, dan perasan jeruk nipis. Jamu kunyit asam angat cocok dikonsumsi bagi yang sedang atau menuju haid. 
Jamu ini sangat bermanfaat untuk mengatasi bau badan berkat kandungan minyak atsiri yang dapat mengontrol produksi keringat dan melawan bakteri.

Jamu kunyit asam via pinterest


2. Jamu Kunci Sirih


Jamu kunci sirih berkhasiat mengatasi keputihan dan bau tidak sedap di area Miss V. Jamu ini menggunakan bahan dasar  temu kunci dan sirih.
Temu kunci mengandung zat antikanker yang dapat menjaga kesehatan organ intim, sedangkan sirih mengurangi bau yang tidak sedap akibat keputihan.
Ramuan jamu ini juga dapat merapatkan vagina, menyempitkan rahim, dan memperkuat gigi.

Jamu kunir asam dan kunci sirih via pinterest


3. Jamu Galian Singset


Jamu ini menjadi favorit perempuan untuk melangsingkan badan. Selain itu, juga dipercaya mencegah keriput dan bikin awet muda.
Sekarang, jamu ini banyak dijual dalam bentuk kemasan yang praktis. Namun, Ladies juga bisa membuatnya sendiri, lo. Bahan yang dibutuhkan yaitu kencur, temulawak, kunyit, asam jawa, kayu manis, serai, merica, lengkuas, cengkih, kapulaga, ketumbar, dan bahan rempah lainnya. 


4. Jamu Beras Kencur

Selain dapat meredakan nyeri akibat mag, jamu ini juga ampuh mengatasi jerawat dan mengencangkan kulit. Rasa jamu ini dianggap paling bersahabat, karena cenderung gurih. 
Racikan beras kencur terdiri dari beras, kencur, gula aren, cengkeh, dan sedikit perasan jeruk nipis.

Jamu berat kencur via pinterest


5. Jamu Pahitan

Seperti namanya, rasanya memang pahit. Racikannya terdiri dari sambiloto, brotowali, lempuyang, daun meniran, serai, lengkuas, temu ireng, widoro putih, widoro laut, dan adas.
Selain pahit, warna jamu ini juga hitam. Itulah sebabnya banyak yang tidak suka meminumnya.  Namun jangan salah, khasiat yang terkandung di dalamnya sangat banyak.
Khasiat jamu pahitan antara lain mengatasi jerawat, menurunkan risiko diabetes, mencegah bau badan, melancarkan peredaran darah, dan gatal-gatal di badan.

Jamu pahitan via pinterest

Daripada mengeluarkan biaya perawatan di salon atau pengobatan penyakit yang sangat mahal, mengapa tidak mencoba dengan bahan alami ini saja. Selain merupakan produk lokal, bahan-bahannya juga alami, tanpa efek samping, dan tentu saja lebih murah. Adapun soal  rasa bisa dibiasakan. Selamat mencoba.





Related posts

Leave a Comment