Kunyit, Si Kuning yang Bermanfaat dari Kepala hingga Ujung Kaki

Hai, Ladies!

Kunyit yang dalam bahasa Latin bernama Curcuma domestica memiliki kandungan berupa protein, kalium, fosfor, zat besi, vitamin C, dan minyak atsiri. Bumbu dapur ini juga mempunyai zat berwarna kuning yang disebut kurkuminoid. Di wilayah Asia seperti Cina, India, dan Indonesia, kunyit digunakan sebagai bahan obat-obatan.

Kunyit juga digunakan sebagai pewarna masakan, misalnya nasi kuning atau sayuran kuning lainnya. Pada zaman dulu, kunyit telah digunakan wanita bangsawan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuhnya. Apa saja? Yuk, kita simak.

1. Manfaat untuk Rambut

Ketombe bisa muncul karena jarang mencuci rambut atau terlalu sering berada diterik matahari. Kunyit dapat membantu mengatasi rambut berketombe dan rontok karena mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperbaiki keadaan folikel rambut.

Untuk mengatasi ketombe, campurkan kunyit dan minyak zaitun. Sedangkan masalah rambut rontok, campur kunyit dengan akar kayu manis dan susu. Oleskan pada kulit kepala sambil dipijat perlahan, diamkan 30 menit kemudian bilas sampai bersih.

2. Mengatasi Mata Panda

Mata panda adalah lingkaran hitam yang muncul di bawah mata. Penyebabnya bisa karena kurang tidur atau faktor genetik. Untuk mengatasinya, siapkan kunyit yang sudah direndam semalaman, lalu campur dengan minyak kelapa. Oleskan pada kantung mata dengan pijatan halus.

mata panda via Pinterest

3. Mengatasi Gigi Kuning

Semakin dewasa, seseorang akan kehilangan warna alami giginya. Hal ini karena kandungan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Jika gigi sudah terlanjur berwarna kuning, kunyit dapat membantu menghilangkannya. Siapkan kunyit dan campur dengan minyak kelapa, gunakan seperti pasta gigi dan lakukan setiap hari.

gigi menguning via Pinterest

4. Perawatan Kulit Wajah

Kunyit bermanfaat untuk beberapa masalah kulit wajah. Ini beberapa di antaranya:

Mengatasi Kulit Terbakar

Kunyit yang mengandung vitamin C, membantu kulit menjadi cerah berseri dan mendinginkan kulit dari paparan sinar matahari. Buat masker dari campuran kunyit dan mentimun atau air jeruk nipis, oleskan ke wajah sambil pijat lembut. Biarkan 30 menit kemudian bilas.

Pencegah Penuaan Dini

Bubuk kunyit dicampur susu atau yoghurt, oleskan ke wajah. Lakukan gerakan memutar kemudian diamkan hingga masker mengering, lalu cuci wajah hingga bersih.

Masker kunyit via pinterest

Perawatan Tubuh

Selain membuat rambut indah dan kulit wajah berseri, kunyit juga bermanfaat untuk perawatan tubuh. Apa saja itu?

  • Menurunkan Berat Badan

Kunyit dapat membantu masalah pencernaan sehingga bisa menurunkan berat badan. Hal ini karena kandungan zat curcumin yang dapat menjaga jaringan lemak agar berjumlah minimum. Ladies tidak perlu repot, cukup masukkan kunyit dalam masakan atau campurkan pada minuman.

  • Mengatasi Warna Kulit Belang

Wanita berkerudung sering mengalami kulit belang. hal ini dapat diatasi dengan kunyit. Campurkan kunyit, susu, dan bubuk cendana lalu oleskan pada bagian tubuh yang warnanya tidak rata.

  • Perawatan Kulit kaki

Memiliki tumit yang lembut dan halus adalah idaman semua orang. Bagi Ladies yang mengalami tumit pecah-pecah, siapkan kunyit dan minyak kelapa lalu campurkan. Oleskan pada tumis yang pecah-pecah dan kenakan kaus kaki agar bisa terserap maksimal.

Tumit pecah-pecah via Pinterest

Ternyata untuk merawat rambut, wajah, dan tubuh, tidak memerlukan biaya yang mahal. Cukup dengan kunyit, Ladies sudah memperoleh semuanya. Mudah, murah serta bisa dilakukan di rumah. Tertarik untuk mencobanya? Yuk, lakukan sekarang!

Related posts

Leave a Comment