4 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Hai, Smart Ladies!

Masyarakat Indonesia sudah mulai menyadari pentingnya perlindungan asuransi, khususnya asuransi kendaraan. Apalagi Kapolri di akhir tahun lalu menyebutkan bahwa angka kecelakaan lalu lintas menempati peringkat ke tiga sebagai penyebab kematian di Indonesia. Hal ini berbanding lurus dengan jumlah kendaraan di jalan raya yang semakin banyak.

Sesuai permintaan pasar, banyak perusahaan menawarkan asuransi mobil. Ada yang bekerjasama dengan dealer sehingga setiap pembelian mobil sudah satu paket dengan asuransi. Namun, jika ingin menambah atau memilih sendiri asuransi mobil, maka Smart Ladies harus mempunyai pengetahuan tentang hal tersebut.

Berikut tips memilih asuransi mobil terbaik.

1. Jenis Asuransi Mobil

Jenis asuransi mobil ada dua, yaitu asuransi TLO atau total lost only dan asuransi all risk. Asuransi TLO hanya memberikan jasa ketika kerusakan di atas 75%. Asuransi all risk yang memberi pelayanan segala resiko, baik kerusakan besar maupun ringan. Meski demikian, Ladies tetap harus mengetahui apa saja yang dilindungi oleh asuransi all risk yang ditawarkan. Banyak asuransi all risk ternyata tidak memberi perlindungan kerusakan karena air (banjir), bencana alam, kerusuhan, serta kecelakaan pengemudi dan penumpang. Penambahan perlindungan berarti penambahan biaya premi.

2. Premi

Smart Ladies harus mengetahui berapa premi yang harus dibayarkan. Asuransi TLO mempunyai premi lebih rendah daripada asuransi all risk. Selain itu, setiap perusahaan asuransi menawarkan premi yang berbeda. Bank Indonesia sebagai lembaga yang mengatur semua jasa keuangan di Indonesia tidak memberikan aturan premi yang mengikat. Bank Indonesia memberikan kebebasan kepada perusahaan asuransi untuk menentukan premi dengan berdasarkan kisaran yang diberikan.

3. Layanan Asuransi

Asuransi yang baik harus mempunyai layanan yang cepat. Pada zaman digital ini, banyak asuransi yang memberi jasa secara online mulai dari pendaftaran, pembayaran, dan klaim. Cara yang mudah akan mempercepat pelayanan.

4. Bengkel

Bengkel yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia menjadi pilihan asuransi yang baik bagi Ladies. Jika mobil digunakan ke luar kota dan mengalami kerusakan ringan atau berat, Ladies akan mudah mengklaim asuransi.

Bagaimana Ladies? Sudah siap memilih asuransi mobil? Semoga empat tips memilih asuransi mobil terbaik ini bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment