Bibir Pecah-Pecah? Yuk, Cegah dengan Cara ini!


Halo, Smart Ladies!

Sebagian orang pasti memimpikan memiliki bibir lembut dan segar. Namun, tidak sedikit yang sering mengalami bibir pecah-pecah. Selain menyakitkan, bibir pecah-pecah juga membuat penampilan kurang menarik.

Banyak penyebab bibir pecah-pecah mulai dari panas dalam, kesalahan perawatan pada bibir, sampai dehidrasi. Agar bibir tetap segar dan tidak pecah-pecah, coba cegah dengan beberapa tindakan berikut ini.

1. Tetap Hangat

Cauca dingin bisa membuat bibir kering dan berakhir dengan pecah-pecah. Jika di luar udara dingin, kita bisa melindungi bibir dengan menggunakan masker atau scarf. Ini bisa membuat bibir dan wajah lebih hangat sehingga tidak mudah kering.

2. Gunakan Lip Balm

Lip Balm [pixabay.com]

 

Gunakan lip balm untuk menjaga bibir tetap lembut. Pilihlah lip balm yang terbuat dari beeswax atau petroleum jelly untuk menjaga bibir tetap lembab. Selain itu, pilih lip balm yang mengandung SPF guna melindungi bibir dari sinar matahari yang jahat. Sinar matahari bukan hanya berbahaya untuk kulit, tetapi juga untuk bibir.

3. Perhatikan Waktu Membasuh Wajah

Rajin membersihkan wajah termasuk kebiasaan baik. Namun, salah membasuh wajah justru akan berdampak tidak baik untuk bibir. Hindari menggosok cleanser terlalu keras pada bibir. Ini akan membuat bibir kering dan berakhir dengan pecah-pecah. Selain itu, hindari pembersih wajah yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid karena bisa membuat bibir pecah-pecah.

4. Perbanyak Minum

Banyak minum guna memenuhi kebutuhan cairan tubuh sangat penting untuk menghindari bibir pecah-pecah. Banyak minum bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga bisa membuat kulit dan wajah tampak berseri, termasuk bibir lembut dan tidak kering.

5. Menggunakan Scrub Bibir

 

Merdeka.com

Menggunakan scrub bibir itu penting, tetapi jangan berlebihan. Saat menggunakan scrub, gosok bibir lembut untuk menjaga bibir tetap halus dan lembut. Scrub bibir baiknya digunakan satu kali satu hari. Scrub berguna menghilangkan kulit mati yang kering pada bibir.

6. Jangan Dijilat

Jangan menjilat bibir meski terlihat kering dan pecah-pecah. Menjilat akan membuatnya semakin kering karena itu jangan membiasakannya.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan guna mencegah bibir pecah-pecah. Kelembutan dan kesehatan bibir juga mesti kita jaga agar terlihat segar dan lembut.

Related posts

Leave a Comment