5 Hal Penting yang Wajib Dipegang Erat Saat Ikut Tantangan Menulis

Smart Ladies, salah satu cara menjaga konsistensi dalam menulis adalah mengikuti tantangan bersama sebuah komunitas. Banyak komunitas literasi yang mengadakan event tantangan menulis. Ada tantangan One Day One Posting (ODOP) atau One Day One Article (ODOA), baik di web maupun blog.


Banyak keuntungan yang bisa didapat bila ikut serta dalam tantangan menulis seperti ini. Walau terkesan dipaksa, tapi akan menimbulkan konsistensi. Kualitas tulisan pun akan semakin meningkat. Namun, sebelum memutuskan untuk bergabung, ada baiknya Smart Ladies mempersiapkan 5 hal berikut.


1. Niat dan Tekad yang Bulat

Sumber pexels


Bagi yang telah terbiasa, tantangan menulis setiap hari mungkin akan terasa ringan, berbeda dengan yang baru belajar konsisten. Jadi, tanamkan niat dan bulatkan tekad untuk menyelesaikan tantangan tersebut. Setidaknya, buktikan pada diri sendiri bahwa Ladies mampu.


2. Cari Kompetitor

Sumber pexels


Carilah kompetitor yang bisa membakar semangat. Bersainglah dengan cara yang sehat, bukan saling menjatuhkan. Biasanya, ketika tantangan sudah sampai di tengah jalan, semangat akan mengendur. Nah, kompetitor ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan daya juang dan memperbarui semangat.


3. Bank Ide

Sumber pexels


Susun bank ide sebelum mengikuti tantangan menulis. Hal ini penting karena bisa menjadi penolong saat Ladies kehabisan ide menulis. Namun, bila telah terbiasa menulis, dengan sendirinya kita akan peka dan apa pun bisa menjadi materi tulisan.


4. Atur Waktu

Sumber pexels


Tantangan ODOP atau ODOA yang berlangsung selama waktu tertentu akan sangat menyita waktu. Jadi, pintarlah mengatur waktu agar tidak keteteran dan bisa menyelesaikan tantangan hingga akhir. Manajemen waktu yang buruk akan membuat kita kesulitan. Sebuah tantangan menulis biasanya dibatasi dalam jangka waktu tertentu.


5. Buat Target

Sumber pexels


Buat target yang realistis saja, jangan terlalu tinggi. Tak perlu menjadikan target suatu beban karena akan membuat tantangan terasa berat. Namun, tetap berusaha yang terbaik untuk mencapainya.


Awal tahun merupakan permulaan baik untuk segera melaksanakan resolusi. Bila menjadi penulis merupakan resolusi Smart Ladies di tahun ini, mulailah dari sekarang. Bergabunglah dengan komunitas yang memiliki passion yang sama agar menjadi penyemangat, tempat berbagi, serta menimba ilmu. Yuk, mulai menulis.

Related posts

Leave a Comment