Si Kecil Biang Keringat? Atasi dengan 5 Bahan Alami Ini

Biang keringat atau heat rash merupakan gejala gangguan ringan pada kulit. Hidup di daerah tropis dengan cuaca panas atau lembab membuat kita rentan mengalaminya. Biasanya biang keringat dialami oleh anak-anak, tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi pada orang dewasa.


Gejala biang keringat biasanya ditandai munculnya bintik-bintik merah di kulit yang terasa gatal dan panas serta sangat mengganggu. Selain cuaca, baju yang tidak menyerap keringat dan kebersihan kulit yang tidak terjaga bisa menyebabkan munculnya biang keringat.

Si kecil rewel karena mengalami gejala biang keringat yang membuatnya susah beristirahat? Tak perlu khawatir, Smart Ladies, ada bahan alami di rumah yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Selain aman, bahan ini juga lebih murah.


1. Es Batu

 

Sumber pexels


Dinginnya es batu bisa digunakan untuk meredakan gejala biang keringat. Caranya, bungkus es batu dengan kain lembut, kemudian kompreskan pada bagian yang terkena biang keringat. Saat cuaca panas, kompres ini akan sangat membuat si kecil nyaman.


2. Lidah Buaya

Sumber pexels


Gel tumbuhan berduri ini mampu mengatasi biang keringat. Oleskan gel lidah buaya pada bagian kulit yang terdapat ruam-ruam. Gel ini mampu menyembuhkan dan mendinginkan kulit yang terasa panas dan gatal karena biang keringat.


3. Madu

Sumber pexels


Selain berkhasiat saat diminum, madu juga ampuh mengatasi biang keringat. Zat antiinflamasinya bermanfaat mengurangi pertumbuhan jamur dan mengurangi rasa gatal. Cukup oleskan madu pada area kulit yang terkena biang keringat sebelum mandi. Biang keringat akan sembuh dalam waktu singkat.


4. Tree Tea Oil

Sumber pexels


Minyak ini mengandung zat antiinflmasi yang mampu mengobati biang keringat. Tree tea oil akan meredakan gangguan kulit ringan ini, caranya dengan mengoleskan pada area kulit yang mengalami ruam.


5. Oatmeal

Sumber pexels


Oatmeal merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung zat antiinflamasi. Campurkan oatmeal dengan air secukupnya hingga menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut pada kulit yang terkena biang keringat. Cara ini akan mengurangi rasa gatal yang ditimbulkannya.


Mengatasi biang keringat pada anak lebih aman bila menggunakan bahan alami. Hal ini dikarenakan jaringan kulit dan daya tahan tubuh anak masih dalam tahap perkembangan. Namun, bila biang keringat tak kunjung membaik, segera konsultasikan ke dokter. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kulit si kecil agar biang keringat tak menyerangnya.

Related posts

Leave a Comment