5 Cara Ampuh Tangkis Stres

Stres bisa terjadi pada siapa saja dan merupakan hal normal. Rutinitas, himpitan masalah, dan beragam tuntutan pekerjaan kerap memicu rasa ini. Stres yang normal berdampak positif misalnya, saat kita dikejar deadline, daya kerja otak akan meningkat dan menjadi lebih cepat.

Namun, dampak negatifnya lebih mendominasi, seperti mudah marah, frustrasi, tertekan, hingga depresi yang menyiksa. Stres yang berlarut-larut akan memengaruhi kesehatan, seperti tekanan darah naik, pembuluh darah menyempit, nafas menjadi lebih cepat, sehingga jantung berdetak lebih kencang. Kondisi ini juga akan menurunkan sistem imunitas tubuh.

Agar tak mengalami semua hal tidak mengenakkan tersebut, stres harus dicegah. Ada 5 cara ampuh dan mudah yang bisa diterapkan agar stres tak menghampiri.



1. Mencari Penyebab dan Solusinya

 

Sumber pexels

Lakukan introspeksi diri untuk mencari penyebabnya mengapa stres melanda. Jujurlah pada diri sendiri. Setelah menemukan akar permasalahannya, cari antisipasi dan langkah mengatasinya. Bila perlu, buatlah daftar secara tertulis apa saja hal yang harus dilakukan.

2. Mengeluarkan Semua Unek-Unek

Kompasiana.com

Katakan dan luapkan semua rasa yang terpendam kepada seseorang yang terpercaya. Kalau memang dibutuhkan, bisa menghubungi psikolog atau keluarkan unek-unek melalui tulisan. Tuliskan semua perasaan yang dipendam agar Ladies merasa lega, tetapi jangan dipublikasikan. Ekspresi saat emosi tidak stabil, sering kali diluar kontrol.

3. Berolahraga

Sumber gambar decathlon Indonesia

Olah raga merupakan satu aktivitas jitu untuk meredakan stres. Cukup berjalan santai atau berlari kecil di seputar kompleks. Bila ada taman terdekat, bisa dijadikan alternatif pelepas kejenuhan. Luangkan waktu sebentar sekadar menikmati hijau dan indahnya tanaman di sana. Selain badan bugar, pikiran juga segar.

4. Lakukan Hobi

WinNetews. Com

Alokasikan waktu untuk me time dan lakukan apapun yang digemari. Mengerjakan hal yang disukai akan membuat pikiran lebih rileks sehingga terhindar dari stres. Namun, sebaiknya lakukan hal yang positif, ya. Jika stres dilampiaskan dengan melakukan hal yang negatif justru akan menambah masalah.

5. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Cukup Istirahat

Sumber pexels

 

Asupan makanan sehat juga merupakan obat manjur atasi stres. Perbanyak makan sayuran hijau karena mengandung banyak antioksidan yang bisa menangkal stres. Imbangi dengan istirahat cukup agar otak tidak lelah.

Saat stres melanda, tubuh memproduksi hormon kortisol dan adrenalin yang akan mengakibatkan jantung bekerja lebih keras. Kondisi ini juga mengakibatkan keluarnya energi secara percuma dan membuat Smart Ladies mudah lelah. Ternyata dampak stres tidak bisa dianggap sepele. Jadi, lebih baik atasi sejak dini dan hindari gangguan psikis ini.

Related posts

Leave a Comment