Yuk, Kelola Sampah dengan 5R karena 3R Saja Belum Cukup!

Hallo, Smart Ladies.

Tanggal 21 Februari kemarin diperingati sebagai Hari Peduli Sampah atau Hari Tanpa Plastik Sedunia. Di Indonesia, sampah merupakan masalah yang masih sulit diatasi. Sebenarnya, pengelolaan sampah bisa dimulai dengan mengubah gaya hidup kita.

Bea Johnson, seorang aktivis lingkungan, belum lama ini memperkenalkan konsep pengelolaan sampah dengan 5R (Refuse, Reduce, Reuse, Recycle, Rot). Ladies akan ikut andil menerapkan prinsip sederhana ini. Yuk, simak ulasan tentang 5R berikut ini.

1. Refuse (Berani Menolak Benda yang Tidak Diperlukan)

Foto: ruang pegawai

Pikirkan dahulu apa saja benda yang biasa kita terima, tetapi akan terbuang, misalnya brosur, pamflet, dan kantong plastik sekali pakai. Kita harus berani menolaknya, tetapi jangan lupa harus memakai cara yang sopan.

2. Reduce (Mengurangi Penggunaan Barang yang Tidak Berguna dan Berlebihan)

Foto: Kompasiana.com

Kuncinya, membeli barang yang sesuai dengan kebutuhan. Saat Ladies kalap berbelanja, selain dapat membuat kantong jebol, juga menambah timbunan sampah. Sebaiknya, rencanakan belanja kebutuhan bulanan kalian.

3. Reuse (Ganti Benda Sekali Pakai dengan yang Bisa Dipakai Berulang-ulang)

Foto: Tribun Kaltim

Lakukanlah pengecekan barang yang ada di dalam lemari, kamar, dan rumah. Lalu, Ladies pikirkan benda apa yang sering digunakan atau sekali pakai. Apakah tempat minum berbahan plastik, kantong kemasan, atau sampo sasetan? Carilah semua barang-barang sekali pakai yang dalam waktu sekejap menjadi sampah, lalu ganti dengan yang bisa terurai dengan cepat.

4. Recycle (Daur Ulang yang Tidak Bisa Ditolak atau Kurangi)

Foto: Erabaru

Apabila produk yang kita gunakan menghasilkan sampah, seperti plastik atau botol maka wajib didaur ulang. Ladies dapat memanfaatkan sampah tersebut menjadi aneka kerajinan atau menyetorkan ke lembaga pengelola sampah untuk diolah lebih lanjut.

5. Rot (Olah Sisa Sampah menjadi Pupuk Kompos Guna Menyuburkan Tanaman)

Foto: Iloveproperti

Kalau sudah menerapkan 4R, akan tersisa sampah organik yang mudah terurai di dalam tanah. Untuk sampah yang satu ini, Ladies cukup menyiapkan tempat untuk mengolahnya menjadi kompos. Jadi, nanti kita tidak perlu membeli kompos.

Untuk mendapatkan perubahan yang besar, dimulai dari hal kecil. Yuk, mulai sekarang terapkan 5R di keseharianmu. Jangan lupa, ajak keluarga, tetangga, dan semua teman.

Related posts

Leave a Comment