Tips Mengolah Daging Kambing Tidak Berbau Prengus dan Alot

Hai, Smart Ladies!


Mengolah daging kambing biasanya dilakukan pada saat Idul Adha. Banyak orang beranggapan mengolah daging kambing sulit, tidak semudah mengolah daging sapi. Salah mengolah daging kambing akan mengakibatkan bau prengus, daging alot, dan amis. Akibatnya hidangan yang diharapkan lezat menjadi mengecewakan. Berikut beberapa tips dalam mengolah daging kambing agar lezat, yaitu:


1. Singkirkan Lemaknya


Bau prengus pada daging kambing disebabkan oleh lemak yang menempel pada daging. Ladies dapat membuang lemak tersebut dengan cara memasukkan daging ke dalam kulkas terlebih dahulu. Setelah lemak mengeras, pisahkan dari daging dengan cara menyayatnya.


2. Jangan Dicuci


Daging kambing yang dicuci terlebih dahulu dapat mengakibatkan daging alot dan berbau amis. Daging yang akan diolah sebaiknya jangan dicuci tetapi langsung direbus saja. Setelah mendidih buang air rebusan, daging siap diolah menjadi masakan yang diinginkan


3. Taburi dengan Garam Dapur


Jika sudah telanjur mencuci daging kambing, Ladies dapat menaburkan garam dapur untuk menetralkan darah pada daging kambing yang menyebabkan bau amis.
Balur daging dengan garam dapur selama satu jam, kemudian cuci hingga bersih.


4. Rebus dengan Rempah Beraroma


Jika daging kambing dicuci terlebih dahulu, sebaiknya rebus daging dengan rempah berbau harum. Rempah berbau harum dapat menggunakan daun jeruk, daun pandan, serai, dan kemangi.


5. Balur Daging dengan Parutan Nanas


Getah nanas yang tajam dapat dimanfaatkan untuk melunakkan daging kambing yang alot serta menghilangkan bau amis. Balur daging dengan parutan buah nanas selama setengah jam. Setelah itu, daging siap diolah menjadi masakan yang lezat.


6. Balur Daging dengan Buah Pir


Selain menggunakan nanas, buah pir juga dapat digunakan untuk melunakkan daging. Parut buah pir kemudian balur daging tersebut.


7. Bungkus dengan Daun Pepaya


Enzim pada daun pepaya dapat membantu melunakkan daging yang alot. Bungkuslah daging kambing selama satu jam. Selain daun pepaya, ladies dapat menggunakan daun jati dan daun jambu.


8. Menggunakan Perasan Jeruk Nipis


Jenis nipis dapat juga digunakan untuk mengurangi bau amis dan melunakkan daging. Air jeruk nipis juga dapat membunuh bakteri yang terdapat daging kambing. Lumuri daging dengan jeruk nipis selama setengah jam, kemudian olah daging seperti biasa.


Demikian cara mengolah daging kambing agar tidak berbau prengus dan alot. Semoga Ladies dapat mengolahnya menjadi masakan yang lezat dan nikmat.

 

Sumber gambar: lifestyle.sindonews.com

Related posts

Leave a Comment