Permainan Tradisional Ini Terbukti Tingkatkan Kecerdasan

 

Halo, Smart Ladies.

Bukan hanya kaya akan suku bangsa dan bahasa saja, Indonesia juga terkenal dengan permainan tradisionalnya yang beragam. Meski saat ini sudah mulai dilupakan, ternyata di balik kesederhanaannya permainan tradisional memiliki manfaat guna mengasah kecerdasan otak. Nah, berikut beberapa permainan tradisional yang memiliki manfaat tersebut.

1. Congklak

Foto: baca terus

Permainan ini ternyata bisa mengasah kecerdasan otak kiri. Congklak membutuhkan pemikiran yang matang sehingga mengasah pola pikir, logika dan perhitungan yang baik saat memainkannya.

2. Mobil-mobilan Tradisional 

Foto: mainan tradisional Indonesia

Untuk mainan mobil-mobilan biasanya dibuat dari bahan kulit jeruk Bali. Permainan ini dapat meningkatkan ide dan kreativitas seorang anak karena kita akan berusaha mencari variasi bahan agar mobil terlihat lebih keren.

3. Layang-Layang

Foto : Brilio.net

Pasti tidak asing lagi dengan permainan yang satu ini. Permainan yang menarik dan mengulur benang dengan layagan sebagai objeknya. Ternyata, mainan ini bisa meningkatkan kecerdasan otak dan melatih emosi karena diharuskan berpikir kreatif saat memuat layangan dan bersabar saat akan menerbangkannya.

4. Petak Umpet

Foto: id.wikipedia

Permainan yang satu ini, ternyata, bisa meningkatkan kecerdasan intelektual dan emosional spiritual quotient (ESQ). Saat bermain petak umpan, kesabaran kita akan dilatih untuk menemukan teman-teman yang sedang bersembunyi.

5. Bentengan

Foto: informasi budaya Jawa

Bentengan adalah permainan tradisional yang dimainkan secara beregu dengan ketentuan harus menjaga benteng setiap kelompok, biasanya menggunakan tiang. Permainan ini mampu mengasah kecerdasan sosial anak karena harus melakukan kerja sama agar bisa mengalahkan lawan dan anak bisa bersosialisasi dengan teman-temannya.

6. Engklek

Foto: kajianperjalanan.blogsport

Permainan tradisional yang dimulai dengan membuat pola kotak-kotak di tanah. Kemudian para anak-anak yang ikut bermain akan melempar batu secara acak dan berusaha mengambil dengan cara melompat dan menjaga keseimbangan dengan satu kaki. Permainan ini mampu meningkatkan kinestetik anak karena akan dituntut melakukan beragam gerakan.

7. Catur

Foto: KR Jogja

Catur termasuk permainan tradisional yang biasa menggunakan papan atau bidak. Catur juga termasuk dalam cabang olahraga yang biasa ditandingkan dalam olimpiade. Bukan hanya sekedar memindahkan bidak catur saja. Pemain juga membutuhkan strategi dan konsentrasi yang baik sehingga bisa mengembangkan daya imajinasi kreativitas, logika, dan pola pikir.

Inilah beberapa permainan tradisional yang ampuh meningkatkan kecerdasan otak anak. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment