7 Barang Pribadi yang Tidak Boleh Asal Dipinjamkan pada Orang Lain

Hai, Smart Ladies!


Pinjam meminjam barang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun tidak semua barang dapat dipinjamkan kepada orang lain, terutama menyangkut barang pribadi. Barang apa sajakah yang merupakan barang pribadi yang tidak boleh asal dipinjamkan pada orang lain? Berikut penjelasannya:


1. Lipstik atau Lips Gloss


Lipstik adalah barang yang paling sering dipinjamkan. Mulai saat ini, hindari meminjamkan pada orang lain sebab lipstik dapat menjadi perantara bagi penularan penyakit herpes simplex. Virus penyakit ini dapat menimbulkan luka lecet hingga bibir melepuh.


2. Earphone


Setiap orang memiliki kadar keseimbangan bakteri yang berbeda-beda dalam kotoran kupingnya. Saat earphone dipinjamkan pada orang lain, maka keseimbangan dalam telinga terganggu sehingga dapat menimbulkan infeksi. Untuk pencegahan, bersihkan permukaan lubang earphone dengan kain atau cotton bud. Bubuhkan kain atau cotton bud dengan hidrogen peroksida minimum seminggu sekali.


3. Sisir, Ikat Rambut, atau Hair Clip


Meminjamkan sisir paling sering dilakukan. Padahal, melalui sisir, Ladies dapat tertular kutu rambut atau jamur dengan cepat. Maka dari itu, mulai sekarang hindari meminjamkan sisir atau aksesoris rambut lain seperti, ikat rambut atau hair clip.


4. Handuk


Handuk berfungsi untuk mengeringkan badan. Jangan menggunakan handuk secara bergantian karena akan berisiko tertular kuman. Handuk yang digunakan secara bergantian dapat mengakibatkan infeksi kulit, terutama panu.

5. Pisau Cukur


Pisau cukur dapat menjadi media penyebaran penyakit hepatitis dan virus serta bakteri yang berbahaya. Oleh sebab, itu jangan menggunakan alat cukur secara bergantian.


6. Kaus Kaki


Kaus kaki yang digunakan secara bergantian dapat menyebabkan infeksi jamur di kaki dan kulit mengelupas. Infeksi ini dapat menular dan menyebar dari satu orang ke orang lain.


7. Gunting Kuku


Pada gunting kuku mungkin tidak terlihat adanya bakteri, virus, dan mikroorganisme jamur. Namun di balik semua itu penggunaan gunting kuku yang bergantian dapat menimbulkan risiko penyakit jamur dan HPV (Human Papillomavirus).


Ladies, setelah mengetahui bahaya dari meminjamkan barang pada orang lain, mulai saat ini, dihindari, ya. Semoga bermanfaat.

 

Related posts

Leave a Comment