5 Salad Asli Indonesia Ini, Siap Membuat Lidah Bergoyang

Smart Ladies, bila mendengar kata salad, pasti yang terbayang adalah makanan sehat berisi aneka sayur dan buah. Salad sudah diminati sejak zaman Romawi dan Yunani kuno. Salad berasal dari bahasa Latin, yaitu sal, yang berarti garam. Zaman dulu, garam adalah satu penyedap makanan yang sangat penting.

Salad merupakan menu yang bisa ditemui di seluruh belahan dunia. Namun, tiap negara memiliki variasi sendiri yang disesuaikan dengan cita rasa lokal. Indonesia pun, memodifikasi sajian yang satu ini. Ada 5 varian salad asal Indonesia yang tak kalah dari negara lain.

1. Rujak

Sumber wikipedia.com


Rujak adalah campuran aneka macam buah yang disiram saus kacang atau sambal gula merah. Ada beberapa macam rujak diantaranya ada rujak serut, rujak cacah, rujak potong, rujak bebeg, dan rujak cingur. Penamaan ini tergantung pemotongan buah dan campuran bumbunya.


2. Gado-Gado

Sumber cookpad.com


Makanan yang berasal dari Betawi dan Jawa Barat ini sudah digemari sejak zaman kolonial. Konon, orang Belanda pada masa itu selalu menyajikannya untuk jamuan makan. Gado-gado berisi beberapa macam sayuran yang telah direbus, seperti kol, kentang, kacang panjang, taoge, dan wortel. Sayuran tadi dicampur, kemudian diberi topping saus kacang lalu ditambah telur rebus, lontong, bawang goreng, dan kerupuk.


3. Pecel

Sumber yukpigi.com


Salad yang satu ini berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, yang paling terkenal adalah pecel Madiun. Pecel terdiri dari sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, taoge, kacang panjang, wortel, dan kecipir yang telah direbus. Bedanya dengan gado gado, pecel tanpa tambahan lontong ataupun nasi.


4. Lotek

Sumber kabarwisata.com


Makanan ini hampir mirip dengan pecel, hanya saja ada tambahan irisan mentimun, mie kuning, dan lontong. Menu ini merupakan pilihan tepat sebagai santapan makan siang karena mengandung banyak vitamin, protein, dan karbohidrat. Makanan ini akan membuat Smart Ladies semakin bersemangat beraktivitas hingga sore menjelang.


5. Karedok

Sumber primarasa.com


Makanan ini terbuat dari sayuran mentah, seperti mentimun, kol, kacang panjang, taoge, terong, dan daun kemangi. Karedok merupakan menu asli orang Sunda. Tambahan kencur pada saus kacangnya membuat karedok semakin segar disantap kala siang hari.

Bagaimana, Smart Ladies, kekayaan kuliner Indonesia sangat beragam dan menggoda, bukan? Selain sehat, rasa salad asli Indonesia dijamin tak ada duanya. Bolehlah mengagumi kuliner negara lain, seperti kimchi dari Korea atau sushi dari Jepang. Namun, jangan sampai lupa dengan kuliner asli Nusantara. Sudah seharusnya kita berbangga dengan aneka ragam kekayaan kuliner Indonesia.

Related posts

Leave a Comment