6 Khasiat Luar Biasa Daun Afrika untuk Kecantikan Kulit yang Wajib Diketahui

Hai, Smart Ladies!

Pernahkah Ladies mendengar daun afrika? Daun afrika memiliki nama Latin Vernonia amygdalina, anggota keluarga Daisy, semak kecil yang tumbuh di Afrika tropis. Pohon Afrika tumbuh hingga ketinggian 2-5 m. Daun Afrika  merupakan jenis sayuran yang sangat berharga bagi orang-orang di daratan Afrika karena kegunaannya untuk jamu. Selain itu, daun ini sangat populer dalam dunia kuliner di Nigeria, Kamerun, dan  Tanzania. Di negara-negara itu, daun afrika dijual dalam keadaan beku atau kering.

Ciri-ciri daun afrika mirip daun kelor atau daun binahong yang memiliki daun berwarna hijau tua dan rasanya pahit. Daunnya berbentuk lonjong dengan panjang  20 cm dan permukaannya kasar. Kandungan gizinya antara lain, protein tinggi, lemak, serat kasar, abu, mineral (Na, K, Ca, Mg, Zn & Fe ), fitat, tanin, sianida rendah dan vitamin A, B, B2, C, dan E. Beberapa khasiat yang dapat diperoleh dari daun afrika antara lain:

1. Mengobati Jerawat

Jerawat disebabkan oleh peradangan pada kulit. Selain mengganggu kecantikan, jerawat menimbulkan rasa sakit, apalagi berukuran besar. Daun afrika dapat mengobati jerawat sekaligus menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Caranya adalah dengan membuat masker wajah dari daun ini. Gunakanlah masker daun afrika ini rutin setiap hari untuk kualitas kulit wajah yang lebih baik agar terhindar dari jerawat dan bekasnya.

2. Mengurangi Berat Badan

Mengonsumsi daun afrika adalah salah satu cara mengurangi berat badan. Daun afrika ternyata memiliki manfaat untuk membantu menjaga berat badan ideal. Hal ini disebabkan kandungan daun afrika  mampu menghancurkan lemak di dalam tubuh. Sebaiknya, Ladies membatasi konsumsi makanan berlemak agar khasiat daun afrika semakin nyata.

3. Mengurangi Stres

Aura kecantikan tidak dapat terpancar jika Ladies dalam keadaan stres. Hilangkan stres dengan  mengonsumsi teh yang dibuat dari seduhan daun afrika setiap pagi dan malam hari untuk membantu merelaksasi tubuh dan menjauhkannya dari efek samping stres.

4. Melembapkan Kulit

Daun afrika kaya akan vitamin yang merupakan nutrisi yang sangat diperlukan kulit agar tidak mudah kering. Asupan vitamin yang tercukupi akan mampu menjaga kulit tetap lembap dan halus. Daun afrika membantu menjadikan kulit lebih sehat dan lembap sehingga penampilan Ladies menjadi tetap cantik dan segar.

5. Menyuburkan Rambut

Memiliki rambut subur dan sehat menjadi idaman semua orang. Rambut akan tumbuh subur karena kulit kepala sehat. Kulit kepala yang sehat dapat diperoleh dengan memanfaatkan daun afrika. Konsumsilah daun afrika secara rutin sebagai masker rambut untuk membantu Ladies memiliki rambut subur dan tidak mudah rontok.

6. Membantu Detoksifikasi Racun

Pengeluaran racun dapat dilakukan  dengan khasiat dari makanan. Daun afrika memiliki kandungan yang baik untuk membantu detoksifikasi racun dari dalam tubuh. Oleh sebab itu, konsumsilah secara teratur daun afrika untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Daun afrika mempunyai banyak khasiat. Tidak hanya untuk kecantikan, tetapi dapat juga bermanfaat untuk mencegah dan mengobati penyakit kronis dan gangguan kesehatan lainnya, seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, asam urat, kolesterol, asam lambung, dan penyakit lainnya. Daun ini belum begitu terkenal, tetapi tak ada salahnya jika Ladies ingin menikmati manfaatnya yang luar biasa dengan memulainya untuk kecantikan. Saat ini daun afrika segar atau kering dapat dibeli secara daring.

 

Sumber gambar : lamosea.com

 

 

Related posts

Leave a Comment