Ternyata, Bermain Hujan-hujanan Ada Manfaatnya

Manfaat Bermain Hujan-hujanan

Halo, Smart Ladies!

Sudah beberapa bulan ini, Indonesia mengalami musim hujan. Kalau sudah hujan, apa yang Ladies lakukan? Kebanyakan pasti akan langsung berteduh. Anak-anak dilarang ke luar rumah karena khawatir terserang penyakit.

Ladies, turunnya hujan adalah rahmat dari Allah. Hujan salah satu ciptaan Allah yang mempunyai manfaat, sebagaimana dikisahkan dalam satu riwayat Rasulullah. Saat turun hujan, beliau dan para sahabatnya langsung menyingkap pakaian pada bagian tubuh yang tidak termasuk aurat dan langsung mengguyur kepala dan badan dengan air hujan. Teladan Rasulullah dan para sahabat menunjukkan bahwa air hujan bukan sesuatu yang harus dihindai. Dalam Islam, saat hujan juga adalah waktu mustajab untuk berdoa.

Selama bermain hujan-hujanan dilakukan tidak di saat awal musim hujan, banyak manfaat yang dapat diambil. Hujan di awal musim berbahaya untuk kesehatan karena mengandung polutan dan kabut asap. Manfaat bermain hujan antara lain:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ketika bermain hujan-hujanan atau tidak sengaja kehujanan, maka tubuh langsung bereaksi menyesuaikan suhu dengan perubahan yang drastis. Hal ini akan meningkatkan kekebalan tubuh pada suhu yang dingin.

2. Mencuci Rambut

Bermain hujan dan membasahi rambut dengannya lebih menyehatkan. Air hujan mempunyai pH yang sempurna untuk mencuci rambut.

3. Memperlancar Peredaran Darah

Air hujan yang dingin mempunyai efek yang sama dengan mandi saat subuh. Banyak peneliti mengungkapkan, sepanjang seseorang tidak sakit, maka air yang dingin memicu syaraf dan alat peredaran darah untuk bekerja lebih positif.

4. Mengeluarkan Toksin

Menurut banyak penelitian, rendaman air hujan ditambah sedikit garam akan mengeluarkan toksin. Hal ini dapat Ladies lakukan di rumah jika sedang merasa sedikit demam.

5. Baik untuk Anak

Bagi anak-anak, bermain hujan-hujanan mempunyai manfaat tambahan selain yang disebutkan di atas. Bermain hujan merangsang kemampuan fisik dan motorik. Anak dapat merasakan perbedaan tekstur air hujan dengan benda lain saat menyentuhnya. Selain itu, Ladies juga dapat menambah pengetahuan anak, misalnya sambil menjelaskan asal hujan.
Ladies tahukan banyak judul novel bertema hujan? Salah satunya novel Tere Liye yang terkenal. Ya, hujan dapat merangsang kreativitas dan imajinasi anak.

Itulah antara lain manfaat bermain hujan-hujanan. Agar terhindar dari sakit, jangan bermain hujan terlalu lama dan segeralah membuka baju setelahnya.

Related posts

Leave a Comment