5 Manfaat Saat Membiarkan Anak Bermain di Luar

Hai, Smart Ladies!

Perkembangan teknologi dewasa ini tidak hanya membawa dampak positif bagi kehidupan kita. Disamping itu, teknologi juga telah mengubah kebiasaan dan pola asuh kita terhadap anak. Anak kita menjadi lebih sering menghabiskan waktu di rumah bersama  gawai kesayangannya. Padahal,  menurut para ahli, gawai hanya diperuntukan untuk anak yang sudah berusia empat belas tahun. Anak dibawah usia tersebut sebaiknya menghabiskan waktu dengan  beraktivitas fisik dan bermain di luar rumah.

Berikut manfaat yang kita dapatkan jika mengajak anak bermain di luar rumah.

1. Menguatkan Otot

Melakukan aktivitas fisik ketika bermain seperti berlari, membawa beban,dan memanjat akan membuat otot anak semakin terlatih. Kemampuan motorik kasarnya akan semakin kuat dan terampil.

2. Membuat Anak Lebih Sehat

Ladies, saat kita membiarkan anak beraktivitas di luar maka mereka akan mendapatkan sinar matahari, udara segar, dan suasana baru. Dengan demikian, daya tahan tubuhnya menjadi lebih kuat, dan terhindar dari obesitas.

3. Mengenal Lingkungan

Manfaat lain, anak akan mengenal lingkungan sekitarnya anak akan lebih mudah mengingat sesuatu yang dilihatnya secara nyata, Ladies. Dibandingkan hanya belajar lewat buku atau gambar dari gawai. Bermain di luar juga akan membuat mereka belajar cara menjaga diri dan menaklukan tantangan.

4. Belajar Bersosialisasi

Tidak bisa dimungkiri bahwa perkembangan media sosial  membuat kita lebih banyak bersosialisasi di dunia maya. Hal ini juga berdampak buruk untuk perkembangan anak, Ladies. Banyak anak pandai berinteraksi di media sosial. Namun,  saat harus bergaul di dunia nyata mereka kesulitan. Dengan mengajak bermain di luar, mereka akan belajar bersosialisasi dengan teman sebayanya di dunia nyata. Kemampuaan komunikasi ini akan berdampak besar pada kehidupannya di masa yang akan datang, serta menumbuhkan rasa percaya diri yang membuat mereka berani menggali kemampuan terbaiknya

So, Ladies. Mulai sekarang tidak perlu merasa risih  saat anak bau keringat atau pulang dengan  baju kotor, dengan begitu kreatifitas dan daya tahan tubuhnya semakin terlatih.

See you, Smart Ladies! 

Sumber: lifestyle.kompas.com

Related posts

Leave a Comment