Perlidungan Preventif, Mencengah Pelecehan Seksual Pada Anak, Poin Terakhir Mudah Tapi Sering Diabaikan


Berita mengenai pelecehan seksual kerap terdengar. Korbanya tak pandang bulu, dari manula sampai balita . Hal ini tentu membuat para orang tua waswas ketika harus meninggalkan buah hati untuk bekerja atau untuk keperluanlain yang tak bisa ditunda atau diwakilkan.

Lalu, adakah yang bisa kita lakukan untuk melindungi Anak- anak kita dari tindak asusila?

Ada beberapa cara yang bisa Ladies terapkan untuk membentengi anak dan anggota keluarga kita dari tidakan Pelecehan seksual di mana pun dan kapanpun.

Ini yang bisa Ladies lakukan salah satunya sangat mudah tapi sering terlupakan.


1. Memberi Pemahaman Pada  Anak

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memberi pemahaman kepada anaktentang apa itu pelecehan seksual. Tentunya hal ini disesuaikan dengan tingkatpemahaman si anak . Misalnya untuk yang masih balita atau usia pra sekolah mereka mulai diajarkan bahwa area sensitif tidak boleh dilihat oleh orang lain. Jadi mereka hanya boleh telanjang jika di kamar mandi. Begitu seterusnya jadi jika mereka memahami maka dengan sendirinya mereka akan menjauh jika ada bahaya mengancam.


2. Berpakaian Sopan

 Pakaian yang baik dan sopan adalah poin penting yang harus diperhatikan orang tua. Membiasakan anak untuk selalu rapi dan sopan saat berbusana akan meminimalisir resiko pelecehan terhadap anak.


3. Tidak Memakai Perhiasan Berlebihan

 Smart Ladies, Sebagai orang tua kita ingin memberikan yang terbaik kepadaanak kita. Termasuk memberi mereka hadiah berupa perhiasan.Tapi Ladies, kita  harus bijak dalam hal ini bahwa membiarkan mereka memakai perhiasan mungkin akan menggiring mereka kedalam bahaya besar, bukan hanya tindakan pencurian tapi juga pelecehan seksual. Sudah banyak kasus yang bisa kita jadikan cermin. Awalnya, penjahat mengincar perhiasan yang dipakai korban. Tetapi kemudian mereka juga melakuan tindakan Asusila.


4. Membekali Anak dengan Kemampuan Bela Diri

Tidak berlebihan kiranya jika kita membekali anak dengan kemampuan beladiri. Bukan untuk menjadikan mereka jagoan. Tetapi kemampuan bela diri akan membuat mereka percaya diri saat melakukan perlawanan pada tindak kejahatan yang mengancam. Selain itu latihan bela diri juga sangat bermanfaat untukketahanan fisik anak –anak kita, Smart Ladies.


5. Tetap Melakukan Pemantauan

Smart Ladies, Kesibukan kita sebagai orang tua terkadang memaksa kita untukmeninggalkan anak bersama pengasuh di rumah. Jika Ladies berada dalam situasiyang demikian hal yang bisa Ladies lakukan adalah tetap memantau kegiatan anak bersama pengasuhnya. Misalnya dengan menelpon ke rumah setiap tiga puluh menit.


6. Menjadi Pendengar Ketika Anak Bercerita

Poin yang terakhir ini adalah poin yang sangat penting ,tefapi sering diabaikan banyak orang tua. Menjadi pendengar yang baik ketika anak berceritaakan membagun kepercayaan anak kepada kita orang tuanya .jadi, saat mereka menghadapi situasi yang kurang menyenangkan oleh lingkungan kita bisa jadiorang pertama yang mengetahui sehingga tidak terlambat dalam melakukan tindakan atau penanganan.

Ok,  Smart Ladies, itulah tindakan preventif yang bisa kita lakukan supaya anak-anak kita terhindar dari tindakan asusila. Semoga kebaikan dan keselamatan selalu bersama kita.

Sumber gambar: merdeka.com

Related posts

Leave a Comment