Perlu Tahu! 7 Fakta tentang Susu Kental Manis

Hallo, Smart Ladies!

Beberapa waktu lalu, pernah terjadi viral pemberitaan mengenai susu kental manis yang disinyalir tidak mengandung susu sama sekali. Kontroversi mengenai susu kental manis ini, kabarnya mempengaruhi penjualan produk bersangkutan.

Sebelum Ladies terpengaruh berita yang simpang siur, ada baiknya mengenali karakteristik susu kental manis sehingga dapat dengan bijak mengonsumsinya. Berikut fakta penting tentang susu kental manis.

1. Cairan yang Sangat Kental

Bentuk susu kental manis yaitu berupa cairan dengan tingkat kekentalan yang tinggi. Susu jenis ini pada dasarnya melewati proses penguapan untuk menghilangkan sebagian air yang berasal dari campuran susu dan gula.

Pada proses penguapan, susu sudah diberi tambahan gula sehingga membuat kekentalan susu kental manis semakin tinggi.

2. Mengandung Gula yang Tinggi

Susu kental manis adalah susu asli yang diberi gula sebanyak 50 persen atau lebih, lalu kandungan airnya dihilangkan melalui proses penguapan. Itulah mengapa susu kental manis terasa begitu manis.

Kandungan gula yang sangat tinggi merupakan pengawet dari susu kental manis. Hal inilah yang menjadi daya tarik dari susu kental manis. Namun jika orang dewasa dan anak-anak mengonsumsi secara berlebihan, akan memiliki risiko obesitas tinggi. Jika penderita diabetes mengonsumsi jenis susu ini, dapat dikhawatirkan terjadi lonjakan kenaikan gula darah dalam tubuh.

3. Memiliki Protein yang Rendah

Selain bergula tinggi, susu kental manis juga berprotein rendah. Kadar protein dalam susu kental manis jauh lebih rendah dibandingkan dengan protein dalam produk susu bubuk full cream.

4. Tidak Untuk Konsumsi Langsung

Cara mengonsumsi susu kental manis yang paling benar adalah dilarutkan di dalam segelas air putih. Jangan mengonsumsi susu kental manis secara langsung. Susu kental manis juga bisa digunakan sebagai tambahan topping untuk martabak, minuman manis dan bubur kacang hijau, bahkan puding.

5. Memiliki Kandungan Lemak Tinggi

Pada kemasan produk susu kental manis dilampirkan kandungan yang terdapat di dalamnya seperti kandungan gula dan lemak jenuh yang bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes. Selain itu, beberapa produsen menambah kandungan lain seperti vitamin D, vitamin A, vitamin B3, zinc, zat besi, dan kalsium walau hanya sekitar delapan persen.

6. Murah

Susu jenis ini termasuk golongan produk susu murah dan terjangkau, jika dibandingan dengan jenis susu lain yang dikhususkan untuk bayi atau pertumbuhan. Selain murah, susu kental manis memiliki waktu penyimpanan yang cukup panjang. Itulah yang menjadi salah satu alasan orang tua memilih susu ini untuk anak.

7. Dikemas dalam Kaleng atau Sachet

Susu kental manis sering disebut dengan susu kaleng karena memang dikemas di dalam kaleng. Sesuai dengan perkembangan zaman, akhirnya susu kental manis dikemas pula dalam bentuk saset. Label “susu kaleng” sebenarnya sudah lama dikenal sebagai susu dengan kadar gula tinggi dan mengandung lemak jenuh.

Walaupun susu kental manis bukan produk minuman yang dilarang untuk anak-anak dan dewasa, kita harus bijak dalam penggunaannya. Semoga fakta tentang susu kental manis ini bermanfaat, ya, Ladies.

Related posts

Leave a Comment