6 Destinasi Wisata Menarik di Kota Solo, Nomor 4 Pasti Ladies Suka.

Halo, Smart Ladies!

Selain terkenal akan kulinernya yang lezat, Kota Solo juga dikagumi karena obyek wisatanya yang menarik. Meskipun hanya kota kecil, Solo mempunyai destinasi wisata yang banyak.

Obyek wisata kota Solo beranekragam, ada taman, wisata belanja, kampung tematik, dan museum. Ladies ingin tahu apa dan di mana saja itu? Yuk, kita ulas satu per satu.

1. Keraton Surakarta

Keraton Surakarta berhubungan dengan sejarah berdirinya kota Solo. Bangunan ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwono II pada tahun 1744, menggantikan Keraton Kartasura yang hancur akibat peristiwa Geger Pecinan tahun 1743. Sampai sekarang, bangunan ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal Sri Sunan sekaligus menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi. Wilayah keraton Surakarta terdiri dari Alun-alun Lor, Alun-alun Kidul, Sasana Sumewa, Siti Hinggil, Kamandungan, Sri Marganti, Kedaton, dan Kamagangan. Masing-masing tempat mempunyai fungsi yang berbeda, salah satunya sebagai museum.



Keraton Solo via Pinterest

2. Pura Mangkunegaran


Selain Keraton Surakarta, Solo juga mempunyai istana indah lainnya, yaitu Pura Mangkunegaran.Tempat ini merupakan kediaman resmi pemimpin Kadipaten Praja Mangkunegaran.

Bangunan Pura Mangkunegaran beraksitektur khas Eropa. Begitu masuk, Ladies akan disambut di pendopo bergaya Eropa-Jawa, lengkap dengan seperangkat gamelan Kyai Kanyut Mesem.

Pura mangkunegaran Solo via Pinterest

3. Taman Balekambang


Taman ini dibangun oleh KGPAA Mangkunegaran VII pada tahun 1921 untuk kedua putrinya, GRAy Partini dan GRAy Partinah.
Tempat wisata ini terbagi menjadi dua. Komplek pertama bernama Partinah Bosch, rumah dengan berbagai tanaman langka, seperti beringin putih, beringin sungsang, dan apel cokelat. Sedang komplek satunya bernama Partini Tuin, merupakan kolam dengan perahu-perahu hias yang dapat dinaiki pengunjung.
Sekarang difungsikan sebagai pusat seni dan budaya, obyek wisata edukasi, taman botani, dan tempat rekreasi.

Taman Balekambang Solo via Pinterest

4. Pasar Klewer


Salah satu wisata belanja di Solo adalah Pasar Klewer. Pasar ini merupakan pasar tekstil terbesar di Solo yang menjual berbagai kain, terutama batik dari berbagai daerah. 
Di pasar Klewer, Ladies bisa berbelanja batik dengan harga murah.Tempat wisata ini memang tersohor sebagai surganya batik yang murah dan berkualitas

Pasar Klewer Solo via Pinterest

5. Pasar Triwindu

Bagi penyuka barang antik, datang saja ke Pasar Triwindu. Pasar ini, dibangun dalam rangka memperingati 24 tahun pemerintahan Mangkunegaran VII pada tahun 1939.
Lokasi Pasar Triwindu beberapa meter dari Pura Mangkunegaran.Sekarang pasar ini sudah tertata rapi setelah beberapa tahun lalu direnovasi. Aneka benda seni yang bisa didapat di sini antara lain patung kayu, uang kuno, radio zaman belanda, mesin ketik kuno, telepon tua, dan masih banyak lagi.

Pasar Triwindu Solo via Pinterest

6. Museum Batik Danar Hadi


Museum Batik Danar Hadi berlokasi di Jalan Brigjen Slamet Riyadi Nomor 261, Sriwedari, Solo.Sesuai namanya, tempat ini dibangun oleh perusahaan batik asal Solo, PT Batik Danar Hadi.
Di Museum ini, terdapat setidaknya 10.000 koleksi kain batik dengan motif yang berbeda, Koleksi tersebut merupakan milik pribadi pendiri PT Batik Danar Hadi yaitu H. Santoesa Abdullah.
Museum ini juga dikenal dengan nama House of Danar Hadi, menempati bangunan kuno yang termasuk dalam cagar budaya kota Solo. Di bagian belakang museum terdapat pabrik batik tulis dan cap yang dibuka untuk umum.

Museum Danar Hadi Solo via Pinterest

Itulah beberapa destinasi wisata di Kota Solo. Sangat menarik, bukan? Jika Ladies berkunjung ke Solo, jangan lupa untuk singgah di tempat-tempat tersebut

Related posts

Leave a Comment