8 Jenis Herbal Ini Ampuh untuk Mengobati Bisul

Hai, Ladies !

Bisul adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri. Sebenarnya, bisul bukan penyakit menular. Namun saat bisul pecah, nanah yang mengandung bakteri akan keluar dan menimbulkan bisul-bisul baru yang terkena paparan nanah tersebut.

Perawatan bisul bisa dilakukan sendiri dengan mengompresnya menggunakan air hangat agar sirkulasi darah di daerah bisul lancar, jaga kebersihan sekitar bisul, dan hindari untuk memencet bisul karena akan menimbulkan infeksi.

Selain itu, perawatan bisul juga bisa menggunakan bahan herbal yang terdapat di sekitar kita. Berikut ini adalah 8 jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan.


1. Mentimun

Parut mentimun dan campur dengan biji pala, kemudian bungkus daun pisang. Setelah itu, pangganglah di atas api beberapa saat agar hangat. Lalu, balur ramuan tersebut dua kali sehari pada bisul dan perban.


2. Bawang Putih

Antibiotik yang terkandung dalam bawang putih juga dapat dimanfaatan untuk mengobati bisul. Tumbuk bawang putih hingga halus, lalu balurkan pada bisul.


3. Daun Cabe

Ambil beberapa lembar daun cabai, lalu tumbuk dan campurkan dengan minyak kelapa. Balurkan ramuan pada bisul dan diamkan beberapa saat. Jika ramuan mengering, oles kembali dengan ramuan yang baru.


4. Sirih

Daun ini diyakini dapat mengobati penyakit yang disebabkan oleh infeksi, termasuk bisul. Caranya mudah sekali, yaitu dengan membalurkan hasil tumbukan daun sirih pada bisul.


5. Bayam

Tumbuk bayam hingga halus dan tambahkan sedikit garam, lalu balurkan pada bisul. Ramuan ini memberikan efek dingin pada bisul yang biasanya terasa nyeri dan panas.


6. Daun Ubi Jalar

Ambil daun ubi jalar beberapa lembar, lalu panggang daun ubi di atas api hingga layu, kemudian tempelkan pada bisul.


7. Bunga Matahari

Bunga matahari dapat dijadikan ramuan untuk mengobati bisul dengan cara menyangrai bunga matahari lalu campurkan dengan sedikit minyak wijen. Kemudian, tempelkan ramuan tersebut pada bisul hingga kempis.


8. Kentang

Kentang selain bermanfaat untuk memutihkan dan menghilangkan noda hitam pada kulit, ternyata dapat juga digunakan untuk mengobati bisul. Caranya yaitu, balurkan parutan kentang pada bisul.

Ladies, itulah beberapa jenis tanaman yang dapat dijadikan ramuan alami untuk mengobati bisul. Semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Comment