5 Cara Meredakan Batuk, dan Pilek tanpa Obat untuk Anak

Hai, Smart Ladies!


Perubahan cuaca yang tidak menentu menyebabkan kesehatan anak terganggu. Penyakit yang sering dialami anak adalah gejala flu, batuk, dan pilek. Pada saat terserang penyakit ini anak akan rewel dan napsu makan berkurang. Sebagai orang tua, Ladies wajib memberi pengobatan pada anak. Mengobati anak sebaiknya dilakukan secara alami agar tidak ada efek samping. Berikut cara meredakan gejala flu, batuk, dan pilek pada anak:


1. Konsumsi Protein

Sistem kekebalan tubuh adalah kunci dari penyembuhan penyakit batuk dan pilek. Penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya bila sistem kekebalan tubuh anak meningkat. Agar kekebalan tubuh meningkat, anak harus mengonsumsi protein. Protein terdapat dalam telur, ikan, daging, susu, dan lain-lain.


2. Probiotik

Sumber probiotik terdapat pada yoghurt, berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah berbagai macam infeksi pernapasan seperti batuk dan pilek. Menurut penelitian, anak yang mengonsumsi kultur lactobacillus aktif selama 6 bulan cenderung terhindar dari pilek.


3. Madu

Madu efektif meredakan batuk dan membuat anak tertidur nyenyak. Dosis pemberian madu pada anak, yaitu ½ sendok teh untuk anak usia 1-5 tahun, 1 sendok teh untuk anak usia 6-12 tahun, dan 2 sendok teh untuk anak usia 12 tahun ke atas.


4. Garam

Garam mempunyai sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengeluarkan lendir, melegakan pernapasan, meredakan batuk dan radang tenggorokan. Untuk meredakan batuk dan radang tenggorokan, dapat dilakukan dengan melarutkan garam ke dalam air hangat. Pakai larutan tersebut untuk berkumur agar virus dan bakteri yang ada di dalam mulut mati. Untuk mengobati hidung tersumbat, larutkan garam sebanyak ½-1 sendok teh ke dalam air hangat sebanyak 200-300 ml. Teteskan larutan dengan menggunakan pipet pada hidung yang tersumbat.


5. Sup Ayam

Kuah hangat sup ayam dipercaya dapat melegakan hidung tersumbat. Selain itu, sup ayam juga berkhasiat meredakan gejala flu seperti nyeri, lemas, dan demam.

 

6. Uap Air Panas

Salah satu cara untuk melegakan hidung tersumbat pada anak adalah dengan menggunakan uap air panas. Taruh air panas pada baskom kecil kemudian teteskan minyak kayu putih. Hadapkan wajah pada uap air kemudian hirup uap tersebut. Lebih baik jika kepala dan baskom ditutup dengan handuk.


7. Istirahat

Aktivitas tidur sangat berhubungan dengan sistim daya tahan tubuh. Orang yang kurang istirahat cenderung mudah terserang pilek. Maka sempatkan istirahat agar daya tahan tubuh terjaga. Selain itu penuhi kebutuhan air putih sebanyak 2 liter sehari.


Demikian cara alami mengatasi gejala pilek dan batuk. Jika kondisi anak semakin memburuk konsultasi, ke dokter. Bisa jadi, anak terkena infeksi sekunder misal, sinusitis atau penyakit lain yang memerlukan antibiotik. Penyakit pilek normal akan sembuh sendiri dalam jangka waktu seminggu. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment