Tips Mengendalikan Asam Urat Tanpa Obat

Hai, Smart Ladies!

Asam urat atau gout adalah penyakit yang disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah akibat penumpukan kristal purina. Penyakit ini terjadi karena pola makan yang tidak seimbang selama bertahun-tahun. Kandungan purina dalam darah berasal dari makanan seperti sea food, kacang-kacangan, dan jeroan.

Gejala asam urat dirasakan dari rasa nyeri dibagian tungkai kaki, pinggang, dan ruas-ruas tangan. Biasanya, penyakit ini penyerang di pagi hari saat bangun tidur, sehingga penderita mengalami kesulitan berjalan dan memakai sandal. Selain itu, akan terjadi pula pembengkakan pada ruas jari dan tangan.

Penyakit asam urat tidak dapat disembuhkan secara total, meskipun begitu penyakit ini bisa dikendalikan agar tidak kambuh. Berikut adalah beberapa langkah mengendalikan penyakit asam urat yang dapat dilakukan di rumah.

Menghindari Makanan Pencetus

Bagi penderita asam urat, sebaiknya mengetahui makanan yang mempunyai kadar purina tinggi. Selanjutnya, berusaha untuk menghindari atau minimal mengurangi porsi makannya. Makanan pencetus asam urat misalnya kedelai, jengkol, keju, daging kambing, makanan laut, dan kacang-kacangan.

Memperbanyak Minum Air Putih

Asam urat bisa muncul karena fungsi ginjal terganggu. Organ ini kesulitan membuang racun disebabkan kurangnya pasokan air putih. Jadi, kurang minum air putih meningkatkan risiko terkena asma urat.

Olahraga Rutin

Melakukan olahraga secara teratur membuat tubuh menjadi segar dan secara tidak langsung meningkatkan antibodi. Olahraga yang baik bagi penderita asam urat, antara lain adalah senam, jalan pagi atau berenang.

Jalan pagi via pinterest

Memperbanyak Aktivitas Fisik

Lakukan aktivitas fisik yang bisa menguras tenaga dan membakar kalori, contohnya berjalan kaki, naik tangga, membersihkan rumah, mengangkat barang, dan sebagainya. Jangan biasakan duduk terlalu lama, seperti menonton televisi dan bekerja di depan komputer. Posisi duduk yang terlalu lama akan menganggu kinerja ginjal, sehingga tidak bisa membuang racun secara maksimal melalui urin.

Menjaga Berat Badan

Orang yang mempunyai kelebihan berat badan memiliki risiko lebih tinggi mengalami asam urat daripada yang memiliki berat badan normal

Untuk menjaga berat badan, lakukan diet yang tepat. Pilih sumber karbohindrat yang sesuai, lebih banyak makan buah dan sayur. Hindari makanan manis dan produk yang mengandung gula fruktosa tinggi, hindari lemak jenuh dari daging merah, dan produk susu yang tinggi lemak.

Kunci pengobatan asam urat adalah mengubah gaya hidup dan pola makan. Jika Ladies atau keluarga ada yang mengalami gejala asam urat, sebaiknya konsultasikan pada dokter, agar segera mendapat penanganan yang maksimal.

Related posts

Leave a Comment