Mengenal Cagar Budaya Indonesia

Halo, Smart Ladies!

Perjalanan wisata bagaimana yang menjadi rencana saat akhir pekan atau liburan? Wisata kuliner dan alam, mungkin menjadi jawaban favorit pertanyaan tersebut. Bahkan beberapa keluarga menganggap jalan-jalan ke mal adalah bagian dari wisata. Adakah yang menyukai wisata cagar budaya Indonesia?

Menurut Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010, cagar budaya Indonesia adalah segala sesuatu yang berada di kehidupan dan perikehidupan masyarakat (lingkungan), dilestarikan dan dilindungi oleh undang-undang agar tidak punah. Cagar budaya tersebut mempunyai nilai sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, dan agama.

Semua cagar budaya di Indonesia mempunyai papan nama resmi yang menunjukkannya. Cagar budaya dapat berupa hal-hal berikut.


1. Benda Cagar Budaya

Benda cagar budaya adalah segala sesuatu yang mempunyai nilai sejarah atau ilmu pengetahuan yang ditemukan di wilayah nusantara. Benda dapat berupa satuan, kelompok, atau sisa-sisa peninggalan masa lalu, contohnya keris dan prasasti peninggalan zaman kerajaan di Indonesia.


2. Bangunan Cagar Budaya

Bangunan cagar budaya merupakan bangunan yang usianya lebih dari 50 tahun, baik berupa benda alam atau buatan manusia. Bangunan ini tetap berdiri di tengah bangunan modern lainnya, seperti Masjid Demak dan Gedung Perjanjian Linggarjati.


3. Struktur Cagar Budaya

Struktur cagar budaya adalah susunan binaan benda-benda cagar budaya yang merupakan buatan alam atau bukan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh struktur budaya Candi Borobudur dan lingkungannya.


4. Situs Cagar Budaya

Situs merupakan lokasi ditemukannya benda, bangunan, atau struktur cagar budaya. Contoh situs cagar budaya, yaitu Situs Gunung Puntang dan Situs Pekauman Bondowoso.


5. Kawasan Cagar Budaya


Kawasan cagar budaya adalah wilayah yang mempunyai dua situs atau lebih cagar budaya secara berdekatan. Kawasan Kota Tua di Jakarta merupakan contoh cagar budaya kelompok ini. Di kawasan ini terdapat bangunan tua yang pada zaman penjajahan Belanda digunakan sebagai Gedung Balai Kota Batavia. Selain gedung tersebut, ada pula Menara Bahari tempo dulu dan berbagai bangunan tua perpaduan arsitektur Belanda dan Cina.

Demikian sedikit tentang cagar budaya Indonesia. Mengunjungi cagar budaya akan membuat Ladies seakan berada di masa lampau serta menumbuhkan rasa cinta tanah air. Selamat berwisata!

Related posts

Leave a Comment