4 Fakta Tentang Madu dan Gula Ini Wajib Diketahui

Halo, Smart Ladies!

Madu dan gula dikenal sebagai pemanis alami. Tentu saja, keduanya lebih baik digunakan untuk konsumsi sehari-hari dibandingkan pemanis buatan, seperti sakarin.

Namun, belakangan gula dianggap sebagai penyebab penyakit diabetes mellitus. Banyak orang menghindari gula dan menggantinya dengan madu yang dianggap lebih sehat. Madu kemudian ditambahkan dalam makanan dan minuman sebagai pengganti gula.

Benarkah demikian? Yuk, simak 4 fakta tentang madu dan gula berikut ini.


1. Kandungan Karbohidrat

Karbohidrat dalam madu dan gula sebenarnya mempunyai bentuk yang sama, yaitu fruktosa dan glukosa. Madu mengandung 30% fruktosa dan 40% glukosa, sementara gula mengandung keduanya masing-masing 50%.
Kedua jenis karbohidrat di atas menjadi penyebab diabetes mellitus jika dikonsumsi secara berlebihan. Fruktosa dan glukosa adalah penyebab utama meningkatnya gula darah.


2. Kandungan Gizi

Telah disebutkan di atas bahwa kandungan karbohidrat pada madu berjumlah 70%, sisanya terdiri dari serat dextrin, mineral, antioksidan, dan berbagai vitamin. Sementara itu, gula yang biasa Ladies konsumsi hanya mengandung fruktosa dan glukosa. Tidak ada zat gizi lain di dalamnya.
Serat dextrin yang terdapat pada madu dapat memperlambat meningkatnya kadar gula dalam darah. Dektrin membuat karbohidrat dalam madu lebih mudah dicerna.


3. Fungsi Selain Pemanis


Kandungan zat gizi pada madu mempunyai banyak fungsi. Berdasarkan penelitian banyak ahli, madu dapat mengatasi dan menurunkan panas karena batuk pilek dan alergi.
Gula harus dihindari saat sakit. Kandungan gula yang sulit dicerna tubuh dapat menyebabkan demam bertambah tinggi.


4. Kalori

Madu menghasilkan kalori yang lebih tinggi dibandingkan gula. Setiap satu sendok makan madu terdapat 64 kalori sedangkan gula 49 kalori. Artinya, konsumsi madu dapat membuat Ladies kelebihan berat badan.
Lebih baik mana, madu atau gula? Smart Ladies yang menentukan sendiri. Dalam ilmu gizi, semua makanan baik, selama tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Pertimbangkanlah jumlah madu atau gula yang dikonsumsi karena Ladies bisa mendapatkan tambahan karbohidrat dan kalori dari makanan lain. Jangan sampai karbohidrat dan kalori yang dikonsumsi mengganggu kesehatan. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment