6 Hal yang Bisa Dilakukan agar Tak Gampang Sakit saat Musim Hujan

Hai, Smart  Ladies!

Musim hujan telah tiba, rintik hujan sering turun mulai pagi hingga malam hari. Pergantian dari musim kemarau ke musim hujan membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan.

Beberapa penyakit yang muncul saat musim hujan antara lain flu, batuk, pilek, sesak nafas, masuk angin hingga demam berdarah. Apabila penyakit tersebut menimpa Ladies, tentu tubuh menjadi tidak fit dan aktivitas sehari-hari akan terganggu. Lalu, bagaimana agar tubuh tidak gampang terserang penyakit saat musim hujan? Yuk, simak beberapa tips berikut ini.

1. Memakai Baju Tebal dan Hangat

Pakaian dapat memengaruhi kesehatan, baju tipis kurang cocok dikenakan saat musim ini.  Sebaiknya saat musim hujan, Ladies mengenakan pakaian yang tertutup, tebal  dan hangat. Pakaian seperti ini akan menjaga tubuh dari udara dingin. Jangan lupa, jas hujan dan payung menjadi benda yang wajib Ladies bawa saat keluar rumah.


2. Mengonsumsi  Vitamin C

Menjaga kesehatan tubuh dari dalam sangat dianjurkan saat musim hujan, caranya dengan rajin mengonsumsi vitamin C. Vitamin ini bisa didapat dari buah-buahan, seperti jeruk dan stroberi atau produk suplemen. Mengonsumsi vitamin C secara rutin bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi sistem imun dalam tubuh.


3. Rutin Menjaga Kebersihan

Saat musim hujan, kuman dan bakteri dapat leluasa berkembang biak, Hal ini menyebabkan tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan. Tangan adalah media paling ampuh masuknya kuman dan bakteri ke dalam tubuh.

Pastikan Ladies selalu higieni, dengan cara mencuci tangan setiap keluar rumah, sebelum dan sesudah makan, setelah menyentuh barang, atau saat keluar toilet. Mencuci tangan dengan air saja tidak cukup, biasakan menggunakan sabun agar kuman dan bakteri ditangan menghilang.


4. Minum Banyak Air Putih

Sering orang mengabaikan mengonsumsi air putih di saat musim hujan, dengan alasan rasa haus jarang terjadi. Faktanya, baik musim hujan atau kemarau, kebutuhan cairan dalam tubuh tetap sama.

Semua makanan yang akan dicerna dengan baik apabila cairan dalam tubuh terpenuhi. Jadi, pastikan tetap mengonsumsi cairan sedikitnya1,5 liter per hari. Jika Ladies bosan dengan air putih, bisa diganti dengan teh tawar hangat atau air jahe.


5. Menjaga Asupan Makanan

Suhu dingin saat musim hujan, biasanya membuat nafsu makan menjadi lebih besar.Sayangnya, metabolisme saat musin ini menjadi lebih lambat daripada biasanya. Hal ini akan mengakibatkan kegemukan karena makanan yang masuk tidak diimbangi dengan metabolisme yang baik.

Aturlah caradan porsi makan saat musim hujan, hindari mengemil saat perut belum terasa lapar. Perut yang diisi terus menerus tanpa adanya pembakaran yang seimbang, tentu akan membawa dampak tidak baik bagi kesehatan.


6. Memperhatikan Pola Tidur

Udara dingin saat musim hujan membuat kita sering mengantuk. Namun, rasa kantuk ini jangan diikuti karena tidur berlebihan akan membuat tubuh menjadi lemas. Jadi, ambillah waktu istirahat dan tidur secukupnya saja. Istirahat yang cukup dapat memulihkan kembali stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Saat musim hujan, Ladies harus lebih peduli pada kesehatan karena banyak penyakit yang muncul. Cara di atas bisa dilakukan agar risiko terjadinya gangguan kesehatan bisa diminimalisir.Semoga bermanfaat!

sumber gambar: fimela.com

Related posts

Leave a Comment