Tanda-Tanda Narsistik, Jangan Sampai Kita Termasuk!

Halo, Smart Ladies!

Suka asyik sendiri dan tidak peduli sekitar adalah salah satu gangguan narsistik. Apa sih narsistik itu? Narsistik adalah salah satu gangguan yang dialami seseorang. Gangguan kepribadian ini memiliki ekspektasi tinggi untuk dipuji, disukai, merasa dirinya yang paling utama, dan kurang berempati terhadap orang lain.

Gangguan ini bisa dialami siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Banyak penyebab, diantaranya adalah kenangan buruk di masa lalu atau terlalu dimanja.

Lantas apa saja tanda-tanda seseorang mengalami gangguan narsistik? Yuk, langsung kupas!

1. Saat mengobrol, Selalu Ingin Jadi Pusat Perhatian

Bagi orang narsistik, tidak peduli berapa banyak orang yang terlibat pembicaraan, dia akan selalu menonjolkan diri. Hal itu karena ia merasa lebih tahu dari siapa pun
dan senang berbicara mengenai diri sendiri.

Seseorang yang mengalami narsistik merasa bahwa kehidupannya menarik untuk diketahui orang lain, karena ia bersikap seolah-olah paling penting.

2. Selalu Merasa Benar dalam Hal Apapun

Sifat yang merasa lebih tinggi dari orang lain kerap membuatnya menjadi orang yang selalu benar dan tidak bisa disalahkan. Saat ada kesalahan dalam satu hal dia akan menuduh orang lain, bukan dirinya. Perasaan selalu benar menjadikannya sosok yang tidak bertanggung jawab dan selalu melempar kesalahan pada orang lain.

3. Suka Mengkritik tetapi Tidak Suka Dikritik

Seorang narsistik sangat lihai mengkritik orang lain, tidak perduli apa yang orang lain rasakan. Namun, ketika dikritik oleh orang lain, selalu merasa paling disakiti. Hal ini karena dia merasa menjadi paling populer dari pada siapapun, maka tidak sepantasnya dikritik karena sama saja seperti penghinaan.

4. Tidak Peduli Pendapat Orang Lain

Saat mengobrol atau berbicara dengan orang lain, ia selalu menganggap dirinya benar dan bernilai sehingga tidak mau mendengarkan saran orang lain. Begitupun dalam hal penentuan, keputusannya selalu benar.

5. Merasa Dirinya Spesial

Seorang narsistik merasa spesial dan selalu ingin diberi perlakuan khusus oleh orang lain. Ketika ada suatu tempat, dia ingin diperlukan seperti seorang raja. Kalau sudah seperti ini, jangan harap untuk meminta bantuan darinya tidak akan dianggap.

Di atas hanya beberapa tanda yang mengindikasi seseorang mengalami narsistik. Apakah Ladies termasuk di dalamnya?

Related posts

Leave a Comment