5 Hal Ini Sepele, tetapi Harus Diterapkan untuk Mencegah Penyakit Flu

Hai, Smart Ladies.

Penyakit influenza atau biasa disebut flu menyerang semua kalangan tanpa memilih, entah itu bayi, anak-anak, sampai orang dewasa. Selain itu, penyakit flu juga banyak tingkatannya, dari ringan sampai berat. Oleh sebab itu, Ladies perlu menerapkan kesadaran sejak dini untuk menghindari penyakit ini. Berikut beberapa kebiasaan baik yang bisa Ladies terapkan guna mencegah serangan influenza.

1. Membersihkan Tangan

 

Foto: Hello Sehat

Salah satu cara mencegah penyebaran virus influenza ke dalam tubuh adalah dengan rajin mencuci tangan sebelum melakukan aktivitas apapun. Ketika hendak makan, rutinitas mencuci tangan merupakan hal yang penting karena dengan begitu virus tidak akan masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Akan lebih baik jika Ladies mencuci tangan menggunakan antiseptik.

2. Jauhkan Tangan dari Wajah

Foto: keluarga kokoh

Menjauhkan tangan dari wajah perlu dilakukan karena tangan selalu memegang berbagai macam benda sehingga mudah kotor. Akibatnya, banyak mikroorganisme berbahaya, entah itu bakteri atau virus, yang tinggal di tangan.

Nah, maka dari itu, sebisa mungkin, Ladies harus menghindari kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan karena bisa mengakibatkan terserang flu maupun penyakit lain.

3. Tidur yang Cukup

Foto : Hello sehat

Jika ingin menghindari flu, Ladies juga memerlukan tidur yang cukup agar tubuh menjadi lebih kuat daya tahannya. Tidur adalah istirahat terbaik yang bisa mengembalikan vitalitas organ-organ tubuh. Dengan tidur cukup, sistem kekebalan tubuh akan bekerja maksimal. Nah, mulai sekarang, jangan sering begadang, ya.

4. Jangan Menggunakan Barang Bersama dengan Orang Lain

Foto: www.adhinbusro.com

Usahakan tidak menggunakan piring, sendok, maupun gelas bersama dengan orang lain sebab hal itu dapat meningkatkan potensi penyebaran flu. Selain itu, peralatan mandi seperti handuk dan sikat gigi, disarankan untuk tidak dipakai bersama.

5. Menghindari Bakteri dengan Meletakkan Barang Bawaan Jauh dari Dapur atau Tempat Makan

Foto: Linda Marta

Tas adalah barang yang sering kalian bawa keluar rumah, entah saat berkerja atau travelling. Hal ini memungkinkan tas terkontaminasi mikroorganisme yang berbahaya, termasuk virus. Oleh karena itu, usahakan tidak menyimpan tas di tempat makan karena dapat menyebabkan kontak dengan makanan yang akan Ladies makan.

Nah, Ladies, mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi, mulai sekarang terapkan kebiasaan baik di atas agar aman dari kontaminasi penyakit flu.

Related posts

Leave a Comment